nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Donor Darah Cegah Penyakit Jantung

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 18 September 2014 19:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 18 486 1041224 mlyFlyPdiY.jpg Donor Darah Cegah Penyakit Jantung (Foto: Dok. Okezone)

DONOR darah sekarang ini seharusnya bisa menjadi gaya hidup. Hal ini karena selain dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan tetes darah kita, donor darah juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi pendonor.

Dr Salimar Salim selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengatakan bahwa manfaat pertama dari mendonorkan darah adalah membentuk sel darah merah yang baru pada tubuh kita. Menurut Dr Salimar, biasanya sel darah merah akan terbentuk matang setelah 75 sampai 90 hari donor darah.

"Dengan adanya sel darah merah yang baru itu, maka darah akan mengambil oksigen lebih cepat. Jadi, ketika dengan sel darah merah yang baru ini oksigen lebih cepat diserap, sehingga kita lebih segar," ujarnya kepada Okezone di Kantor PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (17/9/2014).

Selain itu, Dr Salimar mengungkapkan bahwa manfaat berikutnya dari donor darah adalah mengurangi beban ginjal, karena sel-sel darah lama berkurang di organ tersebut. Bahkan, menurut Dr Salimar dengan donor darah Anda akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

"Karena di dalam penelitian ternyata, donor darah akan mencegah terjadi sumbatan karena plak akibat penumpukan kolesterol, sehingga jantung kita menjadi lebih sehat," tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini