nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Protein Dianjurkan Sebelum Donor Darah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 19 September 2014 00:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 18 486 1041243 JNsxFzuE9J.jpg Donor darah harus memperhatikan banyak hal (Foto: Dok. Okezone)

BANYAK persiapan yang harus dilakukan bagi pendonor sebelum mendonorkan darahnya. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah berpuasa.

Dr Salimar Salim selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengatakan bahwa puasa yang harus dilakukan oleh pendonor bukanlah seperti di bulan Ramadan. Hanya, menurut Dr Salimar, pendonor memang dianjurkan untuk makan terlebih dahulu tiga jam sebelum mendonorkan darahnya.

"Kalau kita makan langsung kan belum diserap, jadi tidak ada kekuatan untuk kita. Sedangkan, kalau kita sudah makan tiga jam sebelum donor sudah ada kekuatan untuk donor darah," ujarnya kepada Okezone di Kantor PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Oleh karena itu, Dr Salimar mengatakan bahwa secara umum tidak ada makanan yang dilarang atau harus dikonsumsi ketika hendak mendonorkan darah. Tetapi, menurut Dr Salimar yang terpenting adalah pendonor harus makan-makanan yang seimbang, misalnya tidak hanya mengonsumsi sayur.

"Jadi, tiga jam sebelum donor harus makan nasi dengan protein, lemak, sayur, dan air. Artinya, jangan hanya misalnya makan gado-gado, itu tidak kita anjurkan karena akan lemas setelah donor," tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini