nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lewat Donor Darah, Berbagai Penyakit Bisa Diketahui

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 22 September 2014 00:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 09 18 486 1041253 IXOSC89uNc.jpg Donor darah harus memperhatikan banyak hal (Foto: Dok. Okezone)

MANFAAT kesehatan dapat kita peroleh dengan rutin donor darah tiga bulan sekali. Tetapi, manfaat donor darah bisa lebih dari sekedar menyehatkan tubuh.

Dr Salimar Salim selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, mengatakan bahwa dengan melakukan donor darah kita dapat mengetahui apakah terdapat penyakit di dalam tubuh. Sehingga, ketika mengetahui terdapat masalah pada darah kita, maka dapat dilakukan tindakan pencegahan.

"Misalnya HB saya rendah, jadi saya harus makan lebih banyak. Jadi, dengan melakukan donor darah kita seperti memproteksi tubuh sendiri," ujarnya kepada Okezone di Kantor PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu 17 September 2014.

Selain itu, Dr Salimar menjelaskan bahwa memang ada juga beberapa orang yang tidak boleh mendonorkan darahnya, misalnya mempunyai penyakit hepatitis dan diabetes tidak boleh donor. Meskipun, pada kenyataannya banyak pendonor yang tidak mengetahui telah mempunyai penyakit tertentu, atau bahkan sengaja tidak memberi tahu.

"Misalnya, dia tidak bilang kalau punya hepatitis tetapi tetap mendonorkan. Namun, nanti akan terdeteksi waktu kami diperiksa. Biasanya dalam kasus seperti itu kita telfon atau kirim surat untuk datang, diberitahukan bahwa pendonor tidak boleh mendonorkan darah dulu, karena ada penyakit tertentu," jelasnya.

"Nanti kita akan tanya, apakah punya dokter pribadi atau berobat di rumah sakit apa? kemudian kita minta dia berobat sendiri sampai sembuh. Kalau sudah sembuh dia mau donor darah lagi boleh," tutupnya.

(fik)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini