Obat Herbal Tidak Bisa Turunkan Kolesterol

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 25 September 2014 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 25 484 1044383 xv0sftBQ7x.jpg Obat herbal tidak bisa turunkan kolesterol (Foto: Doctormurray)

OBAT herbal seringkali dipercaya bisa mengurangi kolesterol tinggi. Namun faktanya, obat herbal tidak dapat banyak menurunkan kolesterol.

Kemampuan beragam obat herbal dalam menurunkan kolesterol hingga saat ini belum banyak diakui. Hal inipun diungkapkan dr. Yunir, seorang pakar endokrin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. (Baca: Memaksa olahraga saat sakit bisa fatal)

“Herbal itu prinsipnya serat yang mana menghambat penyerapan kolesterol berlebih. Secara khusus, kita belum menemukan obat herbal yang bagus untuk kolesterol,” katanya di Jakarta, belum lama ini. Kendati demikian, dr Yunir membenarkan ada beberapa obat herbal yang bisa menurunkan kolesterol. Meski kadarnya sangat kecil. (Baca: Delima berkhasiat obati penyakit jantung)

 

“Kemampuan untuk menurunkan kolesterol obat herbal, biasanya 10-20 angka saja. Jadi, pada orang-orang yang kolesterolnya sudah ratusan, ini tidak mungkin lagi pakai obat herbal. Kecuali, jika kolesterolnya hanya naik 10-20 angka, konsumsi obat herbal masih memungkinkan,” tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini