Cegah Bau Mulut dengan Yogurt

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 26 September 2014 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 25 484 1044433 gIWcqKYvqk.jpg Cegah bau mulut dengan yogurt (Foto: Wellesse)

BAU mulut dapat disebabkan dua hal yakni kebersihan mulut dan kesehatan pencernaan. Itu artinya, membersihkan mulut saja tidak menjadi jaminan Anda akan terhindar dari bau mulut.

Berikut ini adalah makanan yang dapat mencegah bau mulut, sebagaimana dikutip dari Healthyliving MSN, Kamis (25/9/2014).

Mengunyah permen herbal

Permen yang terbuat dari bahan herbal contohnya seperti jahe, eucaplyptus dan mint dapat membuat mulut bersih dan menghilangkan bau. Selain itu, kandungan bahan herbal tersebut juga bagus untuk pencernaan Anda.

Yogurt

Yogurt yang mengandung vitamin D dapat mengurangi level hidrogen sulfida, senyawa yang dapat menyebabkan bau di mulut. Selain itu, vitamin D, yang juga terdapat di susu dan keju, dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Buah berserat

Mengunyah buah berserat, semisal apel dan pir, dapat meningkatkan produksi liur sekaligus membersihkan mulut Anda. Kebanyakan bau mulut disebabkan oleh plak yang menyangkut di gigi dan gusi. Plak tersebut disebabkan oleh sisa makanan yang dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut dan masalah mulut lainnya.

Makanan bervitamin C

Mengonsumsi buah melon atau jeruk yang kaya vitamin C, dapat membuat mulut Anda bersih. Makanan bervitamin C akan menciptakan lingkungan yang tidak baik untuk pertumbuhan bakteri, baik di mulut maupun di alat pencernaan yang lain. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari bau mulut dan sekaligus membuat gusi Anda sehat.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini