Pilates Cegah Osteoporosis

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 25 September 2014 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 25 486 1044276 HptEGOYY2f.jpg Pilates cegah osteoporosis (Foto: Mentalhealthy)

MELAKUKAN olahraga low impact seperti pilates sejak usia muda memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat melakukan olahraga pilates adalah membantu mencegah osteoporosis.

Instruktur pilates yang juga Faunder PilatesID.com, Maharani Panggabean mengatakan bahwa bila memiliki postur tubuh yang buruk di usia muda, terlebih membungkuk, maka di usia tua berisiko mengalami osteoporosis. Menurut Rani, osteoporosis merupakan kondisi tulang belakang yang melemah, sehingga tubuhnya semakin bungkuk seiring bertambahnya usia.

“Tetapi, kapan terjadinya osteoporosis itu tidak bisa ditebak, hanya kebanyakan di usia tua yang badannya semakin bungkuk. Jadi, otot tulang belakang harus disupport dengan otot yang baik, itu maksudnya mencegah supaya tidak bungkuk,” ujarnya kepada Okezone di BLU Lounge Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu 24 September 2014.

Meski begitu, Rani menekankan bahwa bukan berarti sudah terlanjur osteoporosis tidak bisa diobati. Hanya, memang kemungkinan postur tubuh sudah terlebih dahulu membungkuk, sehingga pilates memberikan manfaat kesehatan yang lain.

“Jadi, bukan berarti kalau misalkan sudah keburu osteporosis tidak bisa diobati, bisa. Murid saya itu paling tua usianya 68 tahun, jadi memang dia masih aktif. Dengan olahraga pilates dia menjaga tubuhnya supaya tetap mempunyai stamina yang baik dan tidak harus lemah atau cepat lelah seperti orang sudah mendekati usia 70 tahun,” ungkapnya.

Oleh karenanya Rani berpendapat bila pilates juga merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk semua kalangan dengan berbagai jenis latar belakang, misalnya pasca operasi dan kecelakaan. “Jika latar belakang kondisinya seperti itu, maka olahraga yang aman untuk menguatkan otot tetapi tidak memaksakan dengan kondisi tubuhnya adalah pilates,” tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini