Pohon Keramat India Jadi Warisan Budaya Dunia

Winda Destiana, Jurnalis · Senin 29 September 2014 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 27 544 1045171 C3XX8W2nMC.jpg Pohon Mahabodhi, Bodh Gaya, India (Foto: foxnews)

MENURUT tradisi Buddha, sekira abad 500 SM, ketika seorang pertapa Pangeran Siddhartha mengembara di kawasan yang terkenal dengan nama Bihar di India, dia beristirahat di bawah pohon bodhi.

Setelah bermeditasi di sana selama tiga malam, pangeran terbangun dengan pencerahan, wawasan dan jawaban yang selama ini dicari. Kemudian ajaran tersebut disebarkan kepada muridnya dan kini tempat ia menemukan pencerahan tersebut menjadi keramat bagi kaum Buddha.

Bukan hanya itu, saat ini kawasan tersebut telah beubah menjadi kawasan sebagai tempat peziarah yang masih tetap dijaga dan dilestarikan hingga kini. Menurut kepercayaan umat Buddha, situs tersebut merupakan situs paling suci selama berabad-abad.

Tahun 2002, tempat ini menjadi populer bagi wisatawan lokal maupun asing setelah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Namun, pada tanggal 7 Juli 2013 silam, sebuah bom meledak di sekitar komplek Vihara Mahabodi yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Lima orang termasuk dua bikkhu terluka akibat serangan ini. Kawasan vihara suci ini terdiri dari Pohon Bodhi suci yang pada saat ledakan tidak mengalami kerusakan, namun kerusakan terjadi di dalam vihara tersebut. Meski demikian, kawasan ini masih cukup diminati oleh peziarah maupun wisatawan asing yang ingin melihat bentuk dari pohon Bodhi tersebut.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini