nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Asupan Protein Setelah Olahraga

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 28 September 2014 16:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 28 486 1045494 kVAJ15z1TD.jpg Pentingnya Asupan Protein Setelah Olahraga (Foto: Erika/Okezone)

SETELAH kita melakukan olahraga, tubuh kita tidak hanya akan kehilangan cairan tubuh dan energi dalam bentuk gula. Protein sebagai unsur utama pembentuk otot dan jaringan juga menurun setelah tubuh melakukan aktivitas fisik yang berat.

"Setelah olahraga, kita harus konsumsi banyak protein untuk recovery otot," kata Arif, Personal Trainer dari Celebrity Fitness yang tampil dalan talkshow untuk acara perkenalan channel baru MNC Health & Beauty Fair, di Piazza Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu (28/9/2014).

Konsumsi protein sehat seperti yang terdapat pada daging atau protein hewani, juga nabati bagus untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Namun demikian, Arif tetap menyarankan untuk menghindari makanan berprotein yang digoreng dan memilih buah dan sayur sebagai pelengkap.

Menurut Ari, olahraga fisik juga sebaiknya diselingi dengan istirahat dan diisi dengan aktivitas makan yang baik.

"Bagusnya ada istirahat di antara rutinitas olahraga, karena otot dirusak pada saat exercise. Oleh karena konsumsi high protein dan buah perlu untuk recovery, pembentukan otot. Misal hari Senin saya latihan dada, Selasa latihan kaki, Rabu saya istirahat. Saat istirahat itu, saya isi dengan konsumsi makanan yang dapat memperbaiki otot-otot saya," jelasnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini