Makanan-Minuman Harus Dihindari Penderita Sinus

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Senin 29 September 2014 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 29 484 1045974 v1obGDEhbr.jpg Makanan-Minuman Harus Dihindari Penderita Sinus (Foto: Boldsky)

UDARA dingin menjadi salah satu pemicu kambuhnya sinus. Namun selain udara, ada beberapa makanan yang bisa memicu sinus.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari penderita sinus, seperti dilansir Boldsky.

Minuman berkafein

Penderita sinus harus menghindari minum bekagein karena memicu dehidrasi, sehingga hidung tersumbat. Hal ini bisa memerburuk kondisi.

Makanan dingin atau es

Makanan dingin atau es mungkin tidak memengaruhi intensitas infeksi. Namun, es bisa menyebabkan nyeri di tulang pipi dan kepala, sehingga lendir semakin banyak. Akibatnya, kondisi ini menjadi tidak nyaman.

Susu

Semua produk susu bisa memicu dahak. Kondisi ini akhirnya bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada penderita sinus. Kendati demikian, pengaruh susu dengan dahak masih diperdebatkan.

Alkohol

Sama seperti kafein, minuman alkohol juga bisa memicu dehidrasi. Hasilnya, lendir semakin banyak namun cairan berkurang. Padahal, cairan inilah yang dibutuhkan lendir agar bisa keluar.

Makanan pedas

 

Penderita sinus sebaiknya menghindari makanan pedas. Sebab, makanan tersebut semakin memerbanyak lendir dan memperburuk kondisi penderita.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini