nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masalah Klasik Perkembangan Pariwisata Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 30 September 2014 21:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 30 408 1046562 JIbtcX0hGo.jpg Masalah klasik perkembangan pariwisata Indonesia (Foto: Google)

INDONESIA dianugerahi alam cantik yang tak dimiliki negara lain. Namun, masih ada beberapa masalah klasik yang belum terjawab solusinya hingga saat ini. Apa saja?

 

Sebagai negara kepulauan, Indonesia tak hanya memiliki pulau-pulau yang besar dengan alamnya yang menonjol. Ada bagian pulau kecil tak kalah indah, namun masih banyak wisatawan belum menjamah pulau itu karena alasan sama.

 

“Masalah yang dihadapi dalam mengembangkan pariwisata kita, yaitu infrastruktur, koneksitas, aksesibilitas, dan sumber daya manusia. Tentu empat hal ini saling berkaitan untuk majukan satu destinasi wisata,” jelasnya Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Wiryanti Sukamdani kepada wartawan dalam diskusi “Indonesia Sebagai Surga MICE” di Andrawina Restoran Grand Sahid Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat (30/9/2014).

 

Apalagi jika wisatawan melancong ke daerah terpencil aksesnya belum memadai. Terlebih lagi mereka harus membayar mahal untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

 

“Kalau mau mengembangkan pariwisata gak cukup dengan fasilitas hotel, restoran, dan objek wisata. Ada banyak strategi lain yang harus ditambahkan,” papar pelaku MICE dari PT Dyandra Media Internasional Ernes K Rembond pada kesempatan sama.

 

Bukan hanya itu, Indonesia selalu kalah pamor dengan negara tetangga dalam memberi jangkauan wisata murah. Itulah yang membuat wisatawan domestik lebih senang melancong ke luar negeri.

 

“Di ASEAN, Indonesia kalah masalah promosi. Malaysia dan Singapura selalu menjadi nomor satu karena adanya support dari pemerintah,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini