nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Upaya Minimilasir Kendala Perkembangan Pariwisata

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 30 September 2014 21:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 30 408 1046575 8pn20ZroAt.jpg Diskusi soal MICE dan solusi kendala perkembangan pariwisata (Foto: Dewi/Okezone)

DI antara banyak kendala klasik yang dihadapi Indonesia dalam mengembangkan dunia pariwisata, ada beberapa cara untuk meminimalisir masalah itu. Upaya tersebut juga sudah dipersiapkan pada masa presiden terpilih Joko Widodo nantinya.

 

“Sudah ada road map yang kita rencanakan pada pemerintahan presiden terpilih Jokowi nanti. Mengingat adanya kendala aksesibilitas, konekstitas, infrastruktur, dan sumber daya manusia yang selalu kita hadapi,” tutur Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Wiryanti Sukamdani kepada wartawan dalam diskusi “Indonesia Sebagai Surga MICE” di Andrawina Restoran Grand Sahid Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat (30/9/2014).

 

Menurutnya, saat ini pemerintah masih belum mendukung penuh program yang diadopsi untuk membantu menyejahterakan rakyat di bidang MICE dan pariwisata. Diharapkan saat Jokowi-Jusuf Kalla berkuasa hingga lima tahun mendatang perkembangannya banyak sekali berubah.

 

“Kami percaya bidang pariwisata tak bisa lepas dari masyarakat. Untuk itu, solusi ke depannya masyarakat bisa ikut gabung mengembangkan MICE, seperti mereka menyewakan homestay di daerah masing-masing,” papar Yanti.

 

Bukan hanya itu, kata dia, beberapa stakeholder pariwisata pun harus bisa duduk bersama pemerintah untuk mendiskusikan segala hal yang membuat pariwisata Indonesia lebih maju.  

 

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini