Akibatnya Bumil Dehidrasi saat Hamil

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 30 September 2014 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 483 1046293 z51dnooB2a.jpg Akibatnya ibu hamil dehidrasi saat hamil (Foto: Betheny)

MASA kehamilan berdampak cukup banyak bagi perubahan dalam tubuh wanita. Salah satu perubahan itu adalah meningkatnya kebutuhan akan air atau hidrasi.

Jika ibu hamil (bumil) mengalami dehidrasi, lidah akan terlihat berwarna putih. Perubahan tersebut biasanya disebabkan oleh lapisan bakteri atau sel-sel mati pada permukaan lidah.

Kondisi ini pada dasarnya tidak perlu dikhawatirkan. Membersihkan mulut dan menghilangkan dehidrasi dapat melenyapkan masalah ini dari lidah Anda.

Dalam beberapa kasus, lidah yang dilapisi lapisan putih ini bisa menjadi tanda infeksi bakteri. Warna putih yang terlihat di lidah disebabkan oleh peradangan papila. Papila berbentuk tonjolan-tonjolan kecil berwarna merah ketika membengkak akan berubah warna menjadi keputihan.

Seperti dikutip dari Babymed, Selasa (30/9/2014), konsumsi alkohol, rokok, bernapas melalui mulut, dan beberapa jenis demam dapat menyebabkan lidah menjadi berwarna keputihan. Dalam sejumlah kasus yang jarang terjadi, peradangan bisa disebabkan oleh masalah serius, seperti leukoplakia, sariawan, lichen planus, dan sifilis.

Jika ragu dengan masalah ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan lidah putih ini.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini