nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Siap Mental, Pasangan Rentan Kena Sindrom Pranikah

Raiza Andini, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 20:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 01 197 1046987 CCcCEaOiZe.jpg Pasangan rentan kena sindrom pranikah (Foto:Heru/Okezone)

SEBAGIAN pasangan yang hendak menikah tak jarang alami sindrom pranikah. Panik, cemas dan tertekan kadang menghantui calon pengantin, sebelum menjalani proses pernikahan. Seseorang yang tak miliki kesiapan mental cenderung alami sindrom pranikah. Hal tersebut diakui psikolog cantik Oriza Sativa.

 

Menurut Oriza, sindrom terjadi saat seseorang mengalami peralihan status lajang menjadi tak lajang. Untuk itu, agar si calon pengantin tak dihinggapi sindrom pranikah, ada baiknya kedua calon mempelai harus banyak bersyukur menghadapi pernikahan. (Klik: Sebelum Nikah, Raffi-Nagita Bikin Perjanjian Pranikah?)

 “Ada tiga macam orang mengalami sindrom pranikah, dia kurang siap mentalnya, tidak memiliki rasa kecukupan dalam kepribadian dan juga tidak bersyukur membuat pasangan mengalami sindrom pranikah,” terang Oriza Sativa saat mendatangi redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa 30 September 2014.

 

Oriza menyarankan pasangan yang akan menikah sebaiknya mempersiapkan mental secara utuh, kepribadian pasangan yang sudah matang dan rasa bersyukur.

 

“Caranya bagaimana tidak alami sindrom pranikah, yang dibalik saja teniknya. Lebih bersyukur, siap lahir batin mentalnya mau menikah, dan kepribadiannya sudah kokoh untuk membina rumah tangga,” tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini