nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Nikah Lirik Mantan Pacar, Wajarkah?

Raiza Andini, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 19:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 10 01 197 1047038 DJOrBpRkAX.jpg Psikolog Oriza Sativa (Foto : Heru/Okezone)

SEBELUM menjalankan proses pernikahan pastinya kedua calon mempelai hadapi banyak cobaan. Entah kembali bertemu mantan atau tergoda dengan oranglain lagi.

Menurut psikolog Oriza Sativa, hal tersebut sangat wajar ketika perasaan timbul kembali saat bertemu mantan, karena pada dasarnya sifat manusia miliki rasa penasaran yang tinggi. Hanya saja, ada baiknya calon pengantin bisa menjaga hati bahwa ia akan menikah sebentar lagi. 

“Biasanya tuh kalau kita mau nikah cobaan terberat adalah ketemu mantan, di dalam psikis kita memiliki rasa penasaran dan ingin memiliki. Kita akan kehilangan dan akan menjadi milik orang lain,” terangnya di lantai 4 gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa 30 Spetember 2014.

Menurut Oriza, kedua pasangan yang ingin menikah biasanya dihinggapi perasaan yang cemas, stres, dan tertekan, tak ayal jika calon pengantin kerap berselisih paham dan berujung pertengkaran.

Sehingga ketika datangnya kembali mantan atau oranglain yang memberikan kenyamanan, otomatis si calon pengantin merasakan hal yang berbeda.

Oriza melanjutkan, banyak orang yang memutuskan untuk tidak melanjutkan ke jenjang pernikahan, lantaran menemukan kenyamanan bersama orang lain atau sang mantan. Padahal lanjut psikolog ramah ini, hal yang sama akan terjadi saat si calon pengantin memutuskan untuk membatalkan pernikahan tersebut.

“Kepribadiannya jadi berbeda, di depan mantan dan di depan calon pasangan hidupnya. Apalagi kalau dia  merasa stres, dengan kondisi pasangannya marah-marah terus menghadapi persiapan pernikahan. Kemudian dia bertemu mantannya, ya sudah deh, bisa jadi itu pemicu gagalnya proses pernikahan,” tutupnya.

 

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini