nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Sukses di Kehidupan Sosial

Irwina Istiqomah, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 10:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 10 01 198 1046731 IGX5l413fY.jpg Sukses di kehidupan sosial (Foto:eHarmony)

SETIAP orang pasti mempunyai kesuksesan di bidang masing-masing. Seperti sukses dalam berbisnis, sukses dalam hubungan percintaan, atau sukses membangun keluarga yang harmonis.

 

Sukses dalam karier maupun bisnis, belum tentu bisa sukses dalam bersosialisasi dalam masyarakat. Seperti dilansir eHarmony, berikut cara sukses untuk menjalin hubungan sosial dengan masyarakat.

 

Apresiasi

Memang terdengar sangat klise, namun faktanya menghargai dan menghormati dalam kehidupan bermasyarakat sangat diharuskan. Apalagi dengan banyaknya perbedaan, Anda perlu menerima setiap perbedaan tersebut dengan tangan terbuka. Ketika Anda berbincang-bincang dengan seseorang atau suatu kelompok, Anda harus bisa mengapresiasi pendapat, ide, saran dan kritik dari mereka. Ciptakan suasana yang akrab dan bangun semangat kebersamaan dengan saling menghargai dan menghormati.

 

Tidak menghakimi

Anda berlaku tidak bijak jika menghakimi orang lain tanpa melihat kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Menjustifikasi seseorang atau sebuah kelompok masyarakat karena dianggap berbeda dengan cara pandang Anda, merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan. Jangan Anda merasa paling baik dan benar dibanding mereka. Setiap orang memiliki keunikan dan kepribadian masing-masing. Di sini lah Anda belajar untuk memahami perbedaan yang ada dan tidak menghakimi.

 

Bahasa

Bahasa verbal maupun non-verbal juga perlu dikuasai saat bersosialisasi dengan masyarakat. Baik menggunakan bahasa ibu, bahasa nasional, dan bahasa internasional, Anda perlu mempelajarinya. Penggunaan bahasa yang baik dan santun salah kunci sukses di kehidupan sosial. Begitupun dengan bahsa non-verbal yang mana Anda harus memperhatikan gestur tubuh. Anda patut memilih dan memilah mana kata-kata dan gestur tubuh yang sekiranya tidak menyinggung orang lain. Terlebih jika Anda adalah seorang perantau. Seperti pepatah mengatakan, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini