nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Thailand Lindungi Turis

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 10 01 407 1046872 MkYhEbJKtv.jpg Cara Thailand Lindungi Turis (Foto:todyonline)

KASUS pembunuhan turis asal Inggris membuat pemerintah Thailand berencana membuat gelang elektronik sebagai tanda identitas agar wisatawan aman menikmati liburan.  

Menteri Pariwisata Thailand Kobkarn Wattanavrangkul mengatakan semua wisatawan yang berlibur ke Thailand diberikan gelang elektronik untuk memudahkan identifikasi wisatawan yang terjebak bahaya.

 

"Saat wisatawan check-in di sebuah hotel mereka diberi gelang lengkap dengan nomor seri yang sesuai dengan identitas dan menujukkan rincian kontak dari tempat mereka menginap. Sehingga saat wisatawan sedang berpesta dan pulang dalam keadaan tak sadarkan diri mudah dilacak," kata Kobkarn dikutip Dailymail, Rabu (1/10/2014).

 

Rencana tersebut menjadi salah satu upaya gabungan pelacakan perangkat elektronik. Kobkarn menambahkan sistem buddy menjadi kebutuhan penting bagi turis yang sedang diperbincangkan.

 

Namun, cara pemberian gelang ini tak menjamin wisatawan aman. Banyak pihak masih khawatir dengan ketidakpastian tindak kejahatan misterius.

 

"Kebanyakan orang menyambut ide ini, tetapi beberapa hotel khawatir kalau wisatawan tidak memakai gelang tersebut sesuai aturan," pungkasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini