nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stres, Bukan Berarti Banyak Pikiran

Raiza Andini, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 11:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 01 483 1046752 5WqNsm0Dri.jpg Stres, Bukan Berarti Banyak Pikiran (Foto:goodlifetree)

STRES kerap menimpa banyak orang, pemicunya pun tak pernah diketahui. Lantas, seperti apa penyebab datangnya stres pada diri seseorang?

Ada banyak tingkatan dalam istilah stres. Namun, ada satu hal yang membuat seseorang stres berat, yaitu perubahan status.

Psikolog Oriza Sativa, menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami perubahan status sosial dari lajang menjadi berpasangan, dari seorang istri menjadi ibu juga mengalami stres berat dibanding orang tertimpa musibah.

“Kondisi stres orang yang mengalami perubahan status sosial sangat spesial. Berbeda tingkat stresnya dengan orang yang mengalami stres akibat bencana alam,” terangnya saat menyambangi redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa 30 Oktober 2014

 

Orang yang mengalami stres perubahan status dikatakan spesial karena dia harus mempersiapkan segala hal lahir dan batin. Mereka harus memberikan performa di hadapan keluarga atau lingkungannya. Inilah alasan mengapa orang yang berubah statusnya cenderung memiliki kepribadian yang jauh berbeda

“Mereka itu kan harus siap tampil, orang yang tidak siap cenderung cemas. Akhirnya terjadilah sindrom psikologis pada orang-orang yang tidak memiliki kecukupan,” tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini