nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Ini Lebih Enak Dihangatkan Kembali (I)

Restika Ayu Prasasty, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 23:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 10 02 299 1047111 KQbawUMWgG.jpg Pizza lebih enak dihangatkan kembali (Foto: Thedailymeal)

ANDA pasti pernah memasak atau memesan makanan, namun tidak habis dikonsumsi pada saat itu juga. Makanan tersebut biasanya dimasukkan dalam kulkas agar tidak basi dan dihangatkan kembali jika ingin dikonsumsi lagi.  

Tahukah Anda bahwa ada makanan yang terasa lebih enak setelah dihangatkan kembali keesokan harinya? Hal ini terjadi karena protein terpecah dan asam amino meningkatkan rasa umami dalam makanan.

 

Dan ilmuwan makanan Dr. Kantha Shelke menjelaskan di situs Forbes bahwa makanan tertentu seperti bawang bombai, bawang putih, dan rempah-rempah terus-menerus mengeluarkan rasa dan aroma.

 

Berikut adalah makanan yang lebih enak disantap setelah dihangatkan kembali, seperti dilansir Thedailymeal.

Meatloaf (daging gulung cincang)

Meatloaf lebih enak dimakan setelah dihangatkan kembali pada esok hari. Hal ini karena bumbu dan rempah-rempah terus melepaskan rasa dan aroma, gelatin dalam daging memperbaiki tekstur, dan semua rasa pada meatloaf memiliki lebih banyak waktu untuk berbaur. Daripada menggunakan microwave, hangatkan meatloaf dalam wajan di atas kompor. Potong-potong dan goreng hingga kecokelatan.

 

Pizza

 

Pizza yang dibeli kemarin adalah salah satu makanan yang paling enak. Keju, saus, dan topping melebur menjadi campuran yang beraroma ketika dipanaskan kembali. Semua rasa memiliki lebih banyak waktu untuk berbaur. Anda dapat memanaskan pizza di oven yang sangat panas dengan meletakkannya di atas batu pizza panas, atau bahkan menggunakan wajan.

 

Pie

 

Makan pie yang baru matang dapat membuat isi pie berhamburan kemana-mana dan berantakan. Inapkan pie semalaman agar isian pie membeku menjadi gel beraroma berkat pektin yang mengembang. Menghangatkan kembali sepotong pie dalam microwave akan menahan bentuk dan tekstur pie.

 

Stew (makanan rebusan atau hospot) dan sup

 

Menaruh stew dan sup di lemari es semalaman memungkinkan rasa sup dan stew berbaur hingga tingkat molekuler dan menghasilkan kedalaman keseluruhan rasa yang lebih besar. Jika ada potongan daging, gelatin juga akan menyerap rasa dan meningkatkan konsistensi. Panaskanlah sup dan stew perlahan-lahan di atas kompor.

Chili

Chili terasa lebih enak dimakan di hari kedua untuk alasan yang sama seperti sup dan stew. Kadang-kadang konsistensi meningkat begitu banyak setelah semalaman di lemari es. (Bersambung)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini