nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Air Es Bisa Turunkan Berat Badan?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 02 Oktober 2014 19:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 02 486 1047423 h0D9foLG6e.jpg Minum air es bisa turunkan berat badan (Foto: Fantom)

BEBERAPA rutinitas setelah bangun di pagi hari diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, salah satunya minum air putih. Tetapi, benarkah minum air putih di pagi hari membantu menurunkan berat badan?

Nutrition and Health Education Executive Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM mengatakan bahwa memang ada istilah setelah bangun minum air dapat menurunkan berat badan, terutama air putih dingin. Aldis menjelaskan bahwa ketika meminum air putih dingin, maka tubuh sebisa mungkin akan memproduksi panas dengan melakukan metabolisme.

"Kalau tubuh kita butuh panas, maka metabolisme dengan membakar kalori di dalam tubuh kita. Apalagi setelah bangun tidur, di mana kita habis berpuasa 8 sampai 10 jam saat tidur, maka kalori yang dibakar dari cadangan lemak," ujarnya di Atrium Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 1 Oktober 2014.

"Jadi, ketika bangun tidur minum air dingin katakanlah segelas bisa meningkatkan metabolisme, tetapi sebetulnya kalau untuk menurunkan berat badan tidak seberapa metabolisme yang terjadi," tambahnya.

Aldis mengungkapkan bahwa metabolisme yang terjadi ketika meminum air putih dingin tidaklah terlalu banyak bila dibandingkan dengan olahraga. Oleh karena itu, Aldis lebih menyarankan untuk minum air putih dingin dengan dipadukan berolahraga secara teratur.

"Jadi, ketika minum air putih dingin diklaim sebagai cara penurunan berat badan? Maka itu akan diragukan, karena pada prinsipnya hanya membantu memetabolisme sedikit, apakah lemak terbakar? Lemaknya terbakar, tetapi hanya sedikit bila dibandingkan dengan berolahraga. Jadi, saya lebih menyarankan melakukan keduanya," tutupnya.  

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini