nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur Bisa Keracunan?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 03 Oktober 2014 05:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 02 486 1047432 GJtpPLFvUL.jpg Bangun Tidur Langsung Sikat Gigi Bisa Keracunan? (Foto: Wikipedia)

BEBERAPA kebiasaan setelah bangun tidur, seperti menyikat gigi diyakini dapat mempengaruhi kesehatan. Namun, kebanyakan orang sebelum menyikat gigi memilih minum air putih terlebih dahulu karena khawatir terkena dampak buruk dari pasta gigi.

Seperti kita ketahui, pasta gigi mengandung fluoride yang mungkin bisa menimbulkan dampak kurang baik bagi kesehatan. Namun, Nutrition and Health Education Executive Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM menganggap hal tersebut hanyalah mitos.

“Itu sebenarnya mitos. Ada beberapa pasta gigi yang mengandung fluoride, yaitu zat yang kalau terlalu banyak dikonsumsi di dalam tubuh bisa menjadi racun, tetapi tidak semua pasta gigi,” ujarnya di Atrium Kota Kasablanca, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 1 Oktober 2014.

Namun, Aldis menjelaskan bahwa memang jika setelah bangun tidur Anda menyikat gigi terlebih dahulu baru minum air putih bisa menimbulkan dampak kurang baik bagi kesehatan, karena bisa saja pasta gigi mengandung fluoride. Tetapi, Aldis mengatakan bahwa kandungan fluoride dalam pasta gigi tidak banyak, sehingga tidak akan menyebabkan seseorang hingga keracunan.

“Kalau dia sikat gigi dulu kemudian baru minum air putih, maka bisa terjadi penumpukan fluoride yang bisa menyebabkan keracunan, tetapi seberapa banyak sih fluoride di dalam pasta gigi? Kalaupun fluoride menyebabkan keracunan itu harus 10 miligram per unit yang masuk ke dalam tubuh, tetapi kita kan setiap sikat gigi hanya pakai secuil pasta gigi, jadi itu hanya mitos,” jelasnya.

Sementara, untuk diketahui bahwa fluoride adalah elemen halogen seperti halnya iodin dan klorida. Selain menjadi bahan tambahan di pasta gigi, fluoride biasanya juga terdapat dalam obat kumur sebagai pencegah kerusakan gigi.  

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini