nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakaian Bisa Memicu Sakit Punggung

Restika Ayu Prasasty, Jurnalis · Kamis 02 Oktober 2014 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 02 486 1047457 nurYNkmVFE.jpg Sakit punggung (Foto: Webmd)

SETIAP kali Anda sakit leher, sakit punggung, atau lutut terasa mengeluarkan suara jangan langsung menyalahkan kursi kantor atau kelas olahraga Anda. Itu bisa disebabkan oleh pakaian Anda.

Celana ketat dan rok pensil dapat merusak otot dan sendi, sama seperti sepatu hak tinggi dan tas berat yang membuat Anda kesakitan. Ahli penyembuh tulang belakang, Tim Hutchful, dari British Chiropractic Association membeberkan pakaian yang membuat Anda kesakitan, seperti dilansir dailymail.  

Rok pensil

 

Rok pensil yang sempit di kedua sisi menjepit lutut sehingga sulit bagi Anda untuk menyeimbangkan dan menekuk tubuh. Jongkok untuk mengambil sesuatu dari laci atau rak bawah menjadi hal yang juga sulit dilakukan. Cara terbaik untuk berjongkok aman adalah dengan menekuk lutut. Tapi, rok pensil membatasi gerakan Anda. Seiring waktu, kerusakan dan ketegangan menjadi kumulatif. Anda mungkin tidak merasakan apa-apa secara langsung, tetapi jika Anda memakai rok ketat secara teratur, otot Anda bisa tertarik atau bahkan bergesar.

 

Kalung berat

 

Otot-otot, tendon, dan sendi di leher berjuang untuk menyeimbangkan kepala Anda sepanjang hari, so menambahkan kalung berat dapat merusak keseimbangan.  "Apa pun yang menarik leher ke depan atau belakang kepala dengan menjauhi titik keseimbangan netral bisa menciptakan ketegangan, nyeri, dan kerusakan leher, dan jangka panjangnya bisa membuat postur membungkuk hingga berdampak negatif untuk punggung."

Spanx

 

Jika tidak terlalu ketat dan berisi banyak Lycra, pakaian pendukung sangat bermanfaat karena dapat bertindak seperti pakaian kompresi yang dipakai atlet top untuk meningkatkan kinerja dengan meningkatkan aliran darah dan limfatik. Namun, mengenakan sesuatu yang terlalu konstriksi dapat membuat Anda berada dalam kesulitan. Tidak hanya akan membatasi jalan napas Anda, tapi juga membatasi gerakan di bagian tengah tubuh dan menempatkan beban abnormal pada bagian tulang belakang Anda. "Jika Anda membatasi gerakan di salah satu bagian tulang belakang, sesuatu hal yang buruk pasti terjadi. Ini bisa memicu rasa sakit dan akhirnya merusak punggung atas atau bawah."

Sepatu hak tinggi

 

Memakai sepatu hak tinggi terlalu sering dapat berakibat buruk bagi kaki dan bagi punggung. Selain memicu jari kaki bengkok dan bengkak, hak tinggi juga menyebabkan otot betis memendek, menyebabkan masalah sirkulasi, kerusakan lutut, dan nyeri punggung. Untuk meminimalkan kerusakan, pakai hak tinggi sebentar saja - pakai sneakers ketika berjalan dari dan menuju tempat kerja dan gunakan hak sepatu yang lebih pendek. Juga, kenakan sepatu (dan hal sepatu) yang berbeda setiap hari.

Atasan halter neck

 

Bra, bikini halter neck, atau atasan yang ketat dapat menarik leher ke depan terutama jika tali di leher Anda harus menyanggah payudara besar atau berat. "Ketegangan pada leher akan menciptakan ketegangan otot dan dapat membentuk postur tubuh buruk yang disebut "anterior carriage" di mana leher maju ke depan dengan bahu membulat dan merosot," kata Hutchful. Ini merupakan penyebab umum dari nyeri leher, punggung atas, dan bahu.

 

Bra tidak pas

 

Dada yang besar membutuhkan penyanggah yang lebih baik. "Tali bra yang tipis dapat menekan bahu terlalu banyak, "ujar Hutchful. Cobalah pilih bra dengan tali tebal untuk pemakaian sehari-hari dan gunakan bra olahraga kapanpun Anda bisa untuk menyebarkan ketegangan di bahu Anda.

 

Tas besar

 

Mengangkut tas besar dan berat pada satu sisi bahu dapat meningkatkan risiko ketegangan otot dan nyeri pada leher, bahu, dan punggung atas. Bahkan dapat memicu sakit kepala karena tegang. Membawa tas besar pada bahu tidak baik, terutama jika Anda selalu menggunakan bahu yang sama. Jangan memberati tas Anda, pegang tas pada pegangannya, atau gunakan bahu yang berbeda secara teratur.

 

Skinny jeans

 

Jin yang mengetat erat di pinggang, pinggul, paha, dan betis dapat membuat Anda kesulitan untuk berjalan. Ini dapat menciptakan tekanan yang tidak semestinya pada sendi. Mengenakan ikat pinggang yang ketat bisa memperburuk masalah, yaitu memicu sakit kaki. Dan jangan duduk terlalu lama dengan telepon ada di saku belakang Anda, ketidakseimbangan yang disebabkan karena satu bokong lebih tinggi dari yang lain dapat menyebabkan sakit punggung dan pinggul.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini