nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berat Badan Jangan Turun Instan dalam Sepekan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 03 Oktober 2014 20:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 10 03 481 1047997 mkH61poxMR.jpg Berat badan jangan turun instan dalam sepekan (Foto: Prevention)

MEMILIKI berat badan yang berlebihan, kadang membuat seseorang menjadi minder terhadap lingkungan sekitar. Tak ayal jika banyak yang kemudian menggunakan cara instan dalam menurunkan berat badan.

Menurut Nutrition and Health Education Executive Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, menurunkan berat badan ada aturannya. Dalam sepekan, paling  tidak ada batasan kilogram berat badan yang bisa diturunkan.

“Sebenarnya prinsipnya adalah tubuh kita hanya mentolerir penurunan berat badan 0,5-1,5 kilogram per pekan maksimal. Di luar itu, kita sudah melampaui batas tubuh kita beradaptasi dengan perubahan yang terjadi,” jelasnya kepada Okezone di Atrium Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurut Aldis, tidak masuk akal bila ada seseorang yang mengklaim bisa menurunkan berat badan lebih dari tiga kilogram dalam sepekan. Tubuh tidak bisa beradaptasi dengan kondisi penurunan berat badan yang sangat ekstrem.

Lebih lanjut, penurunan berat badan yang baik agar tubuh tetap bisa beradaptasi harus menyesuaikan antara target kilogram yang ingin diturunkan dengan waktu pencapaian. Bila ingin menurunkan berat badan lebih dari 1,5 kilogram, maka waktu pencapaiannya juga harus disesuaikan.

“Bisa menurunkan berat badan lebih dari itu (1,5 kg), asalkan waktunya diperpanjang. Katakanlah menurunkan berat badan 0,5-1,5/kilogram untuk sepekan. Ketika ingin menurunkan tiga kilogram, waktunya menjadi dua pekan dengan berolahraga yang konsisten,” tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini