nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sajian Idul Adha Identik Santan, Alasannya?

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 04 Oktober 2014 23:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 04 298 1048309 jl2BNiujT1.jpg Arie Parikesit mengungkap alasan sajian Idul Adha identik santan (Foto: Runi/Okezone)

KULINER Idul Adha identik dengan kambing dan akrab dengan santan, seperti gulai, opor, soto hingga kari. Mengapa demikian?

“Ada pengaruh dari kultur India pada zaman dahulu. Pasalnya untuk masakan India sendiri juga kental dengan santan,” jelas pengamat kuliner Arie Parikesit eksklusif pada Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, Sabtu (4/10/2014).

Dia mengatakan, budaya India yang datang ke Indonesia merupakan India bagian selatan yang dari segi makanan lebih dominan menggunakan kambing dan santan sebagai bahan utama. Sedangkan kambing merupakan bahan makanan khas yang identik dengan Timur Tengah.

Arie menambahkan, daerah di Indonesia yang cukup lama disinggahi oleh bangsa India tersebut adalah wilayah Sumatera, seperti Aceh, Minang, dan sebagainya. Hal ini berpengaruh pada banyak kuliner khas daerah tersebut kebanyakan menggunakan santan dalam olahannya.

“Sebenarnya bukan hanya makanan saja, untuk dessert lain seperti bubur kacang ijo, kolak, juga menggunakan santan karena istilahnya saat itu bahan yang membuat gurih hanya santan,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini