nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idul Adha, Limbad Rutin Mandikan Benda Pusaka

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 06 Oktober 2014 16:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 06 406 1048765 pBRdq1z3Ks.jpg Idul Adha, Limbad rutin mandikan benda pusaka (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

Saat perayaan Idul Adha, setiap daerah memiliki tradisi unik yang berbeda-beda. Seperti di Kota Tegal yang punya tradisi memandikan benda pusaka, di samping pemotongan hewan kurban.

"Perayaan Idul Adha di Tegal tradisinya sama pada umumnya, yaitu memotong hewan kurban seperti kambing, domba, sapi dan kerbau. Tapi memang ada satu tradisi unik," ucap Master Magician Limbad kepada Okezone di Gedung HighEnd, Lantai 4, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Limbad mengatakan, tradisi memandikan benda-benda pusaka dari sesepuh, dilakukan oleh sebagian masyarakat asli Tegal, termasuk Limbad. Kegiatan ini menjadi acara tahunan yang dinantikan banyak warga sebagai pembersihan benda pusaka.

Tradisi ini, lanjut Limbad, menjadi budaya tersendiri bagi masyarakat Tegal. Banyak benda-benda pusaka sengaja dikeluarkan di satu tempat untuk dibersihkan.

"Uniknya di Tegal, pusaka-pusaka dari sesepuh dimandikan setiap lebaran haji. Tapi saat acara perayaan acara besar seperti Suro dikeluarkan dan juga dimandikan," tutupnya. (jjs)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini