nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Sedot Lemak, Syaratnya?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 06 Oktober 2014 16:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 10 06 481 1048740 VgQNKdLsuX.jpg Perhatikan BMI sebelum sedot lemak (Foto: Newyou)

KELEBIHAN berat badan atau obesitas tidak hanya berisiko terhadap berbagai penyakit kronis, tetapi juga mengganggu penampilan. Karenanya, sebagian orang memilih menempuh jalan instan untuk menurunkan berat badan, salah satunya dengan sedot lemak.

 

Namun, seorang ahli bedah plastik dan pendiri klinik kecantikan Ultimo Aesthetic & Dental Center, Dr Enrina Diah, Sp.BP mengatakan bahwa, sedot lemak merupakan tindakan bedah yang tidak hanya sekedar menurunkan berat badan. Oleh karena itu, menurut Dr Enrina sebelum seseorang melakukan sedot lemak ada syarat-syarat harus diperhatikan.

 

"Tentu harus sehat, artinya sedot lemak bukan untuk menurunkan berat badan semata, tetapi lebih kepada membentuk tubuh. Jadi, oleh karena untuk pembentukan tubuh, maka jangan juga orang yang obesitas berat, yaitu Body Massa Indeks (BMI-red) harus kurang dari 30," ujarnya kepada Okezone di Ultimo Aesthetic & Dental Center di Plaza Asia 18th Floor, Jl Jenderal Sudirman Kav 59, Jakarta, baru-baru ini.

 

Lebih lanjut, Dr Enrina menjelaskan bahwa BMI dapat diketahui melalui membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Selain itu, menurut Dr Enrina untuk usia tentu harus sudah dewasa yang bisa bertanggungjawab atas dirinya sendiri.

 

Terlepas dari itu, Dr Enrina mengatakan bahwa pada dasarnya menurunkan berat badan itu lebih ke body contouring, yakni meningkatkan output dan mengurangi input.

 

“Meningkatkan output itu bisa dengan berolahraga, sedangkan mengurangi output melalui diet. Tetapi untuk pasien-pasien yang ingin lebih cepat kita bantu dengan tindakan liposuction, yaitu dengan sedot lemak ini,” tuturnya.

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini