Share

Jelang AFTA, Kuliner Asli Indonesia Terancam

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 09 Oktober 2014 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 09 298 1050323 qUmuLGWdMF.jpg Jelang AFTA, kuliner Indonesia terancam (Foto: Traveldaily)

MENGHADAPI ASEAN Free Trade Area atau AFTA 2015, masyarakat diminta untuk lebih mencintai kuliner lokal. Pasalnya, di era pasar bebas tersebut akan banyak kuliner asing yang masuk.

“Pasar bebas nantinya restoran Singapura, Malaysia, Thailand, dan lain-lain akan banyak di sini. Saya takutkan adalah masyarakat lebih menyukai kuliner eksotis lainnya,” ucap Arie Parikesit, pengamat kuliner dalam wawancara eksklusif dengan Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, baru-baru ini.

Berbagai restoran akan menyajikan masakan khas negaranya masing-masing. Hal ini yang dikhawatirkan bisa menggeser eksistensi kuliner Nusantara.

Selain itu, karakteristik masyarakat Indonesia juga cenderung lebih mudah menyukai sesuatu yang baru dan unik. Sebagai contoh, makanan Korea kini  tengah booming karena sering diekspos.

"Contohnya saat ini yang sedang ramai aneka makanan Korea. Sebelumnya, ada demam Korean style, sinema Korea,  dan lain-lain," tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini