nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedikit Air, Kekuatan Kopi Espresso

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 14 Oktober 2014 11:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 10 14 298 1051888 uSfNVhDQZo.jpg Espresso lebih nikmat karena sedikit air (Foto:flickr)

CITA rasa Italia langsung terasa ketika mengunjungi Pacifik Place Mall Jakarta, terlebih hadir Pameran Espresso Italiano. Pameran bergaya negeri Pizza menampilkan karya seni dan sejarah kopi.

 

Pada Pameran tersebut Okezone sempat disuguhi kopi Espresso khas Italia. Kopi disuguhi dari sebuah mesin yang disebut Victoria Arduino.

 

"Kopi Espresso kita buat dengan memakai tujuh gram bubuk kopi yang diberikan air lalu dipanaskan di mesin. Kemudian uap akan beubah menjadi 25 ml air kopi. Mesin kopi ini memisahkan antara ampas kopi dengan air," jelas Presiden Colloseum Cultural Association, Arch. Luciano Calosso di Ground Floor Pacific Place Mall, Jakarta Pusat, Senin 13 Oktober 2014.

 

Okezone berkesempatan mencicipi kopi Espresso Italia yang dibuat dari mesin Victoria Arduino. Warna kopi seperti cokelat dan memang tidak terdapat ampas di dalamnya.

 

Meski hanya sekira 25 ml liter gelas, aroma kopi tercium. Begitu diminum, tidak hanya terasa hangat, tetapi rasa sedikit pahit terasa ditenggorokan.

 

Namun, Luciano Calosso mengatakan bahwa itulah Espresso, kopi khas Italia yang terkenal di seluruh dunia. Menurut Luciano Calosso, orang Italia membedakan antara kopi robusta dan arabika, serta meminumnya dengan takaran yang sesuai.

 

"Kalau misalnya kopi diminum dengan banyak air itu bukan kopi Italia, karena rasa dan takarannya memang berbeda, tidak seperti kopi Indonesia dengan banyak air," pungkasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini