Janin Anak Terlilit, Judika Malah Senang

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 14 Oktober 2014 20:55 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 14 481 1052217 VjG07V0LzM.jpg Janin anak terlilit, Judika malah senang (Foto: Dok. Okezone)

JUDIKA berbagi soal kondisi kandungan istrinya yang sudah melewati usia delapan bulan. Dari hasil USG, ternyata janin yang ada dalam istrinya terlilit tali pusar.

Judika sendiri tidak tahu alasan ilmiah mengapa janin tersebut bisa terlilit tali pusar. Kendati demikian, rupanya Judika mengaku pernah mendengar beberapa mitos dari orangtua.

“Kalau kata semua orangtua yang aku tanya itu biasa. Malah katanya terbelit itu biasanya kalau anaknya cowok ganteng, kalau cewek cantik. Dan pintar biasanya, karena dia aktif, jadi muter-muter kelilit begitu,” ujar Judika di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut dokter obstetri dan onkologi, dr. Andi Darma Putra, SpOG(K), kondisi bayi terlilit tali pusar adalah sesuatu yang normal. Namun demikian, mitos-mitos yang selama ini diketahui orangtua kebanyakan adalah salah.

“Mitos seperti minum air kelapa bisa membetulkan tali pusar dan melancarkan persalinan dan keaktifan anak yang menyebabkan janin terlilit tali pusar itu tidak ada hubungannya,” tutur dr. Andi kepada Okezone, Selasa (14/10/2014).

Kasus janin terlilit tali pusar adalah kondisi yang dapat terjadi ketika janin masih sangat aktif bergerak dalam air ketuban. Pergerakan janin dan tali pusar yang panjang dapat menyebabkan janin terlilit.

“Usia 32 pekan ke atas, janin akan banyak bergerak dan itu akan terasa oleh ibunya. Ketika kepala janin memasuki panggul di bulan-bulan terakhir, keaktifannya akan berkurang karena tempat pergerakannya sudah sempit,” tutupnya. 

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini