Delapan Makanan Bisa Cegah Penyakit Ginjal

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 20 481 1054425 qFQ48lXvhK.jpg 8 makanan cegah penyakit ginjal (Foto: Womenosophy)

PENYAKIT ginjal kronis adalah ancaman yang sangat nyata yang mempengaruhi banyak sekali orang dari seluruh dunia. Mereka yang menderita diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi juga berisiko tinggi mendapat penyakit ginjal.  

Namun ada cara yang dapat menurunkan resiko penyakit ginjal secara drastis, yaitu dengan memilih makanan yang tepat. Berikut adalah beberapa makanan yang telah terbukti memiliki dampak signifikan pada kesehatan ginjal, seperti dilansir Womenosophy.

 

Bawang putih

Bawang putih segar adalah pilihan yang sangat baik untuk diet ginjal. Mempunyai sifat anti-inflamasi yang kuat dan mengurangi kolesterol. Bawang putih juga cocok karena dapat menambah banyak rasa untuk makanan tanpa perlu kelebihan natrium, untuk menjaga ginjal. Bawang putih juga memiliki antioksidan yang tinggi.

 

Kale

Kale adalah sayuran berwarna hijau yang menyerupai brokoli. Kale mengandung beta karoten, vitamin K, dan kalsium. Kale juga dapat menjadi sumber zat besi. Tambahkan kale ke dalam salad, saus pasta, sup, tumis sayur, atau dapat membuat chip kale sendiri.

 

Putih telur

Putih telur kaya akan vitamin dan  mineral yang dapat membantu kesehatan secara menyeluruh. Putih telur juga mengandung protein yang tinggi, kalium rendah, fosfor rendah dan mengandung banyak zat besi untuk menjaga ginjal tetap prima. Putih telur hampir tidak mengandung lemak dan karbohidrat yang kurang dari 1 persen.

 

Bawang bombay

Seperti bawang putih, bawang bombay juga memiliki antioksidan kuat yang dapat membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Jika dikonsumsi mentah, dapat bertindak sebagai anti-flamasi yang penting bagi penderita penyakit ginjal.

 

Ikan segar

Ikan air dingin segar seperti salmon, ikan haring, dan sarden kaya akan protein berkualitas dan asam lemak omega-3, yang tidak dapat diproduksi tubuh manusia sendiri. Mengkonsumsi ikan segar secara teratur dapat menurunkan resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang berarti resiko penyakit ginjal kronis pun menjadi rendah.

 

Cranberry

Semua jenis buah berry kaya akan antioksidan. Sedangkan cranberry punya kemampuan unik untuk melawan infeksi saluran kemih. Dengan meningkatkan keasaman urin, cranberry menyulitkan bakteri untuk melekat pada dinding kandung kemih.

 

Apel

Apel mengandung senyawa anti-inflamasi yang dikombinasikan dengan kandungan kalium yang rendah dan menjaga ginjal tetap bagus. Apel juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, dan menurunkan kadar kolesterol.

 

Olive oil

Di belahan dunia yang menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak goreng, populasi penderita penyakit jantung, kanker, ginjal, lebih sedikit dibanding penderita penyakit yang lain. Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan  yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu mengurangi peradangan arteri.

 

 

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini