"Penggunaan Antibiotik Harus Tepat Dosisnya"

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 20 481 1054503 4rJtXiNJc3.jpg Negara tropis terbesar pakai antibiotik (Foto: Acneenstain)
MENTERI Kesehatan Nafsiah Mboi meminta seluruh tenaga medis Indonesia untuk memberikan antibiotik secara bijak kepada pasien. Pasalnya tak semua penyakit bisa disembuhkan oleh obat antibiotik.
 
Hal ini dibenarkan oleh dr Robby Kurniawan dari House of Hario saat ditemui oleh Okezone, belum lama ini. Menurutnya, pasien kerap meminta antibiotik untuk mengusir penyakitnya. Ada baiknya, pasien bisa menghilangkan budaya tersebut, karena tak  semua penyakit disembuhkan oleh antibiotik. Apalagi di negara tropis, dimana penggunaan antibiotik sangat besar, salah satunya Indonesia

"Mayoritas di negara tropis paling banyak pengguna antibiotik. Kebutuhan antibiotik semakin banyak," kata dr Robby kepada Okezone di MNC Plaza Podium I, Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini. Dia mengatakan, sebagai dokter tidak boleh sembarangan memberi antibiotik kepada pasien. Semua penyakit harus dianalisa terlebih dahulu sesuai kondisi pasien.

"Penggunaan antibiotik rasional, artinya tepat dosisnya, aturan pakai dan lama penggunaannya," imbuhnyaNamun, lanjut dr Robby, kebanyakan masyarakat awam tidak memahami jenis antibiotik yang dipakai. Seiring waktu ada penemuan penggunaan antibiotik yang tidak disertai resep dokter dan penjualan bebas..

 

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini