Balita Boleh Pakai Antibiotik, Asalkan?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 20 481 1054560 lkJKdHMSnP.jpg Syarat konsumsi antibiotik untuk balita (Foto: Telegraph)

TAK semua penyakit bisa sembuh karena antibiotik. Karena antibiotik hanya menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus.

Demikian dengan penggunaan antibiotik pada balita, yang masih menjadi pro dan kontra. Ada beberapa orangtua yang meyakini antibiotik dapat menyembuhkan penyakit si buah hati secara cespleng. Namun, sebagian orangtua juga tidak menyetujui hal tersebut.

Menurut dr Robby Kurniawan dari House of Hario, penggunaan antibiotik kepada balita masih dibilang aman. Asalkan, sesuai dengan dosis takaran benar.  “Kalau balita terinfeksi kuman atau bakteri gak ada salahnya pakai antibiotik. Tapi ada hitungan sendiri biar gak over dosis,” ucapnya kepada Okezone di MNC Plaza Podium I, Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.

dr Robby melanjutkan, balita yang kelebihan dosis antibiotik mengakibatkan masalah besar. Salah satunya, si balita akan keracunan dan terkena resistensi obat. “Aman tidaknya, tergantung jenis antibiotik yang diberikan untuk balita. Asal tidak diberikan dengan kontra indikasi itu aman-aman saja,” tutupnya.

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini