Mandi Air Hangat Redakan Sakit Kepala & Pilek

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 20 481 1054575 syPDQesTA5.jpg Manfaat mandi air hangat (Foto:Dailymail)

MANDI air hangat tidak hanya bagus untuk menghilangkan lelah pada tubuh usai menjalani aktifitas harian. Namun mandi dengan air hangat ternyata menyimpan banyak manfaat. Meskipun menyiapkan air panas membutuhkan sedikit waktu, namun sekali-kali mandi dengan air hangat tidak akan membuat Anda rugi.

Orangtua sering mengatakan, mandi air hangat bisa membuat tidur nyenyak, namun itu baru satu keuntungannya. Berikut adalah sejumlah manfaat lain dari mandi air hangat yang mungkin Anda dapatkan, sebagaimana dilansir Healthmeup, Senin (20/10/2014).

Terapi sakit kepala dan pilek

Anda dapat menghirup uap panas sebagai meringankan hidung dan tenggorokan yang tersumbat. Air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Beberapa tetes minyak esensial seperti ekaliptus dan pepermint untuk relaksasi saat mandi.

Melembabkan kulit

Air hangat membuka pori-pori kulit dan membersihkan kotoran dan minyak yang menumpuk di dalamnya. Kehangatan dapat melembabkan kulit, membuatnya halus dan kenyal.

Mengeluarkan racun

Mandi air hangat dapat meningkatkan sirkulasi sistem limfa di tubuh. Ini menyebabkan Anda berkeringat dan mengeluarkan racun serta bakteria dari tubuh.

Membantu tidur nyenyak

Jika Anda punya masalah dalam tidur, buatlah air hangat dan biarkan tubuh Anda berelaksasi. Kehangatan air mandi dapat meningkatkan suhu tubuh yang akan turun begitu selesai mandi. Perubahan suhu ini dapat membantu tidur lebih mudah.

Melepaskan stres

Saat Anda mandi dengan air hangat, jangan terburu-buru. Mandilah dengan nyaman dan dengan relaksasi. Mencoba mandi dengan cara ini di akhir hari dapat melepaskan stres dan membantu Anda tidur.

 

 

 

 

 

 

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini