nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengapa Wanita Rentan Kena Osteoporosis?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 16:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 10 20 481 1054660 QvVpIE7KjT.jpg Faktor wanita rentan kena osteoporosis (Foto:Telegraph)

20 Oktober diperingati sebagai Hari Osteoporosis Nasional 2014. Penyakit Osteoporosis tak hanya mengancam kaum pria, namun juga wanita. Apalagi wanita yang berusia lanjut. Lantas mengapa wanita sering diserang osteoporosis?.

Menurut dr Kusmedi Prihartono Sp,OT masalah pengeroposan tulang di akibatkan menurunnya satu hormon yang khusus dimiliki kaum hawa. Apalagi itu menjadi salah satu masalah wanita saat menghadapi masa-masa tua nanti.

"Wanita punya hormon estrogen. Hormon itu fungsinya sebagai pengikat tulang. Maka semakin tua, hormon itu akan menurun dan mudah lepas," ucapnya kepada Okezone, melalui sambungan telefon, Senin (20/10/2014)

Direktur utama RSUD Tarakan ini, juga memaparkan penyebab lain osteoporosis. Yaitu faktor usia tua yang ternyata mempengaruhi masalah satu ini.

"Penyebab osteporosis banyak. Normalnya karena estrogen, faktor usia dan bisa juga penyakit yang berhubungan dengan tulang," imbuhnya

Umumnya, pengeroposan tulang ini mulai dialami oleh wanita berusia 40 tahun. Lebih dari itu, masalah ini akan semakin parah mengancam wanita berusia 50 tahun.

"Orang Indonesia, tulangnya makin cepat hancur saat usia menopouse, sekitar 50 tahun," tutupnya.

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini