nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berhubungan Intim saat Haid, Amankah?

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 21 Oktober 2014 02:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 20 481 1054738 sdFIrrcDIs.jpg Amankah berhubungan intim saat haid? (Foto:Belfasttelegraph)

BERHUBUNGAN intim saat wanita tengah menstruasi masih menjadi prokontra. Sebagian ahli mengatakan jika berhubungan intim saat haid sangat bagus efeknya ,karena bisa meredakan nyeri dari PMS seperti kram dan kontraksi.

 

Namun disisi lain hal tersebut memberikan efek buruk, lantaran darah haid menjadi jalur mudah bagi transmisi bakteri dan virus. Adapun alasan mengapa berhubungan intim aman saat haid, karena orgasme pada saat haid, dapat melepaskan endorfin yang dapat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan mood, sakit kepala, depresi ringan, dan emosi yang terkait dengan menstruasi. Bahkan banyak wanita mengaku lebih bergairah ketika mereka sedang menstruasi.

Namun demikian, risiko terkena penyakit dan infeksi menular lebih tinggi ketika leher rahim dibanjiri darah menstruasi. Ini menciptakan jalur yang sempurna bagi bakteri untuk masuk jauh di rongga panggul.

 

Ini juga memungkinkan penyakit yang ditularkan melalui darah seperti HIV dan hepatitis berkembang, karena PH vagina yang kurang asam selama menstruasi.

 

Sebagaimana dikutip Everydayhealth, masih ada kemungkinan bahwa wanita bisa hamil selama masa menstruasi, kecuali jika wanita sedang dalam program KB). Menurut dr. Laura Berman, pengajar dan penasihat seks yang sering tampil sebagai dokter tamu dalam acara Dr. Oz.

 

Laura mengatakan, mendapatkan gairah seksual bersama pasangan selama menstruasi tidak dilarang. Namun untuk mengalihkan hubungan seksual, pasangan bisa mencari alternatif seksual lain yang lebih aman atau menyibukkan diri dengan aktivitas romantis lainnya.

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini