nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Obat Asma Bikin Keropos Tulang

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 21 Oktober 2014 10:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 21 481 1054924 YeBmKWHRbF.jpg Pemicu osteoporosis karena obat asma (Foto:Sheknows)

WANITA jauh lebih mudah terancam osteoporosis. Tak hanya mengancam lansia, wanita muda bisa diserang osteoporosis karena efek obat-obatan.

Memang, osteoporosis identik dengan wanita yang sudah mengalami menopouse. Di lain sisi, kaum hawa yang masih berusia belasan tahun dapat terserang osteoporosis suatu hari nanti.

Direktur Utama RSUD Tarakan dr Kusmedi Prihartono Sp.OT membenarkan hal ini. Menurutnya, wanita yang mudah mengalami pengeroposan tulang, yakni mereka yang memiliki penyakit asma.

"Anak muda yang punya penyakit asma dan sering mengkonsumsi obat asma seperti prednisone dan kortison  akan cepat mengalami masalah gangguan tulang," ujarnya kepada Okezone saat dihubungi belum lama ini.

dr Kusmedi mengatakan, walaupun obat asma tidak langsung mengakibatkan osteoporosis, namun gangguan tersebut dapat berdampak buruk bagi tulang. Sebagian, kasus pengeroposan tulang juga terjadi karena bawaan lahir dari si pasien.

"Mereka yang mengalami gangguan tulang bisa saja bawaan dari lahir. Dia pernah mengalami penyakit lain yang menyebabkan gangguan tulang," jelasnya

Bahkan, dirinya pun pernah menangani pasien perempuan muda, berusia 16 tahun. Pasien tersebut sudah mengalami penyakit tulang yang tentu mengganggu ruang gerak kesehariannya.

 

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini