Share

Fashion Forward, Langkah Awal Desainer Mendunia

Evi Elfira, Jurnalis · Kamis 23 Oktober 2014 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 23 194 1056074 fashion-forward-langkah-awal-desainer-mendunia-lVJeZfeDoR.jpg Salah satu koleksi di JFW 2014 (Foto: Runi/Okezone)

PROGRAM Fashion Forward Jakarta Fashion Week (JFW) menjadi salah satu langkah para desainer untuk mengenalkan karyanya lebih luas lagi. Namun untuk bisa bergabung program ini tidak mudah.

 

Setiap desainer harus diseleksi terlebih dahulu untuk bisa bergabung dalam program Fashion Forward. Tentunya dengan upaya yang dilakukan akan menghasilkan sebuah prestasi yang membanggakan.

 

“Seperti Fashion KODE 2014 yang diadakan di aT Center, Yangjae-dong, Seoul itu yang berangkat Billy Tjong dan Patick Owen, September kemarin dan itu khusus untuk trade show dari label-label fashion. Sedangkan untuk di Seoul Fashion Week sekarang ini yang berangkat adalah Albert Januar. Mereka semua dari Fashion Forward,” jelas Diaz Parzada, Creative Director JFW 2015 di Senayan City, Jakarta, Rabu, 22 Oktober 2014.

 

Dilansir dari situs JFW, Billy dan Patrick juga menampilkan koleksi mereka di fashion show pada hari pertama dan langsung saja menjadi bintang di Fashion KODE tersebut. Walau sebenarnya label fashion Indonesia telah menyebar di berbagai negara, namun dengan program ini tentunya ini sangat membanggakan. Fashion forward memang berhasil membawa desainer lokal lebih dikenal di dunia fashion internasional.

 

“Label fashion Indonesia di mana-mana ada, tetapi memang belum sampai di butik yang tujuannya adalah market yang memakai produk kelas dunia. Maka dari itu, program yang membantu desainer untuk bisa go international, seperti Fashion Forward sangat membantu,” imbuh Diaz.

 

Dengan program Fashion Forward ini, Diaz juga berharap dapat memberikan kesempatan bagi para desainer muda. Khususnya mereka yang berasal dari sekolah mode untuk mengenalkan koleksinya. Dalam JFW 2015, beberapa pesertanya pun berasal dari beberapa sekolah mode di Indonesia. Bahkan, beberapa desainer seperti Yosafat Dwi Kurniawan, Andhka Suswandi, serta Albert Yanuar berasal dari fashion School.

 

“Komunitas fashion pun sangat menyambut baik aktivitas ini. Jadinya mereka menyadari bahwa di JFW sendiri memiliki audisi untuk mereka terpilih dalam program. Jadi polanya itu ikut, lulus, tembus. Maka dari itu, banyak peserta dari sekolah fashion seperti yang turut mengikuti JFW. Ini adalah salah satu awal bagi mereka agar karyanya bisa dikenal,” tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini