Cara Mudah Merawat Berlian

Evi Elfira, Jurnalis · Sabtu 01 November 2014 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 31 194 1059590 cara-mudah-merawat-berlian-wQZrianVFA.jpg Merawat berlian (Foto : Evi/Okezone)

SETIAP perhiasan perlu perawatan khusus, tak terkecuali dengan berlian. Agar kemilaunya tetap terjaga, berlian juga harus dibersihkan.

Ada banyak cara untuk membersihkan berlian. Paling mudah, tentu saja mendatangi toko yang memang menyediakan jasanya. Meski begitu, membersihkan berlian sebenarnya bisa dilakukan di rumah.

"Bisa dibersihkan dengan sabun pencuci piring, sikat dengan sikat gigi bayi yang lembut kemudian bersihkan dengan air hangat. Untuk yang paling simpel pembersihannya bisa menggunakan cairan cleaning khusus. Tinggal direndam 10 menit, sudah cukup," terang Henny Setiawan selaku General Manager Richards Group di Jakarta, belum lama ini.

Membersihkan berlian sendiri memang tidak perlu dilakukan setiap saat. Hanya saja, ketika warnanya sudah mulai kusam, berlian harus segera dibersihkan.

"Untuk tahu kapan membersihkannya, kita lihat dulu dari warna berlian itu sendiri. Kalau sudah mulai kusam, berarti kita perlu membersihkannya," imbuh Henny.

Lebih lanjut, merawat berlian juga tidak hanya sekedar dibersihkan. Namun cara penyimpanannya pun harus diperhatikan.

"Meski memang kuat, benturan akan menyebabkan scratch pada permukaan berlian. Cara menyimpan berlian adalah dengan meletakkannya di dalam plastik klip, atau dibungkus dengan tisu. Saat disimpan, pastikan berlian tidak terbentur satu sama lain," tutupnya ramah.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini