Adjie Notonegoro Buat Yayasan Lindungi Pembatik

Evi Elfira, Jurnalis · Minggu 02 November 2014 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 02 194 1060007 adjie-notonegoro-buat-yayasan-lindungi-pembatik-EcyhgkUoms.jpg

BATIK kini semakin populer. Bahkan permintaan terhadap batik kini semakin meningkat. Namun sayangnya, kondisi ini berbanding terbalik dengan kehidupan pengrajinnya.

Hal inilah yang diungkapkan Adjie Notonegoro. Berangkat dari hal itu, desainer senior tersebut siap membantu pengrajin agar memiliki perekonomian yang lebih baik. Bahkan, paman dari Ivan Gunawan ini juga berencana untuk membuat suatu yayasan yang dapat membantu para pengrajin dari segi hukum.

"Saya ingin para pengrajin dan para pembatik yang ada di daerah bisa terlindungi secara hukum. Kalau kita membantu mereka dengan membuat koperasi, membuat yayasan, gunanya adalah untuk melindungi dari segi hukum," Adjie Notonegoro kepada Okezone di Monas, Jakarta, Minggu (2/11/2014).

Ide Adjie tersebut sekaligus muncul sebagai bentuk keprihatinan dari karya pengrajin yang dicontek. Menurutnya, pengrajin tidak pernah mendapatkan haknya dari kreativitas yang mereka hasilkan.

"Misalnya pembatik menciptakan satu motif kemudian dibeli oleh teksitl, lalu diprint. Kalau sekarang kan mereka tidak mendapat royaltinya. Nah, dari segi hukum kita akan melindunginya agar bisa mendapatkan royalti," imbuhnya.

Dengan begitu, Adjie berharap perekonomian para pelaku industri kecil dapat meningkat. Sehingga, mereka akan lebih bersemangat dalam berkreasi.

"Kalau mereka memiliki penghasilan yang baik tentunya kreasi mereka akan semakin berkembang. Misalnya saja dari sebulan yang bisa produksi 10, kemudian bisa produksi menjadi 50, itu yang kita harapkan," tutup Adjie.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini