nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arief Yahya: Wayang Perkuat Jati Diri Bangsa

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 02 November 2014 08:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 11 02 406 1059958 arief-yahya-wayang-perkuat-jati-diri-bangsa-m0kBEYug8t.jpg Arief Yahya nilai wayang perkuat jati diri bangsa (Foto: Helmi/Okezone)

WAYANG merupakan salah satu kesenian Indonesia yang telah diakui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya di dunia. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, wayang bisa menjadi media memerkuat jati diri bangsa.

Arief Yahya pun berpesan, sudah menjadi kewajiban masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kesenian wayang. Menurutnya, kesenian wayang bukan sekadar sebuah tontonan yang menghibur.

"Wayang bukan saja dinikmati sebagai tontonan, melainkan tuntunan untuk memerkuat jati diri bangsa Indonesia," jelasnya pada Gelar Budaya Rakyat, Monas, Senayan, Sabtu, 1 November 2014.

Oleh karena itu, Arief Yahya akan menjadikan pergelaran budaya rakyat, salah satunya penampilan wayang dalam kalender event tahunan. Bahkan, menurut Arief, bukan tidak mungkin pergelaran wayang dilaksanakan di tempat selain Monas.

"Kita akan menjadikan wayang dan Gelar Budaya Rakyat ini masuk dalam kalender event tahunan. Saya yakin penontonnya akan lebih banyak dibanding sekarang. Bukan tidak mungkin setelah di Monas akan tampil di tempat lain," tutupnya.

Untuk diketahui, Gelar Budaya Rakyat merupakan persembahan dari rakyat untuk menyambut para pemimpin baru. Tidak hanya Presiden dan Wakil Presiden, tetapi juga Ketua DPR, MPR, DPD, maupun dari kabinet.

Gelar Budaya Rakyat berlangsung hingga hari ini. Setelah pergelaran wayang, acara karnaval yang melibatkan banyak orang berkostum unik akan menghibur masyarakat.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini