Image

Pasukan Perang Fatele Nias Ramaikan Karnaval Budaya

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 02 November 2014, 11:11 WIB
https img k.okeinfo.net content 2014 11 02 406 1059984 pasukan perang fatele nias ramaikan karnaval budaya EriHzZjoSA.jpg Pasukan perang Fatele Nias ramaikan karnaval budaya (Foto: Utami/Okezone)

KARNAVAL budaya rakyat banyak melibatkan masyarakat di berbagai daerah. Bahkan, pasukan perang Fatele dari Nias pun ikut berpartisipasi.

Peserta karnaval budaya rakyat datang dari berbagai daerah di Indonesia, baik dari Aceh, Nias sampai Papua. Mereka datang dengan kostum yang menggambarkan kebudayaan daerah masing-masing.

Salah satunya adalah para peserta yang datang jauh-jauh dari Nias. Para peserta ini tergabung dalam pasukan perang Fatele dan tim Mogaele yang menggambarkan tarian selamat datang.

Pasukan Fatele terdiri dari laki-laki, sedangkan tim Mogaele adalah semuanya perempuan. Pasukan ini terdiri dari 32 orang.

"Kami berjumlah 32 orang dari Nias yang kebetulan sedang berada di Jakarta," jelas Etis Nehe kepada Okezone di lapangan Monas, Senayan, Minggu (2/11/2014).

Mereka pun memerlihatkan tarian perang dan selamat datang untuk menyambut tamu.

"Pasukan laki-laki adalah pasukan perang Fatele. Kalau perempuan, tim tari Mogaele untuk menyambut tamu," paparnya. Selain tari-tarian, diperlihatkan pula pertunjukan khas Nias, yaitu lompat batu Nias.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini