Fashion Muslim Indonesia Sumber Inspirasi Global

Evi Elfira, Jurnalis · Senin 03 November 2014 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 03 194 1060600 fashion-muslim-indonesia-sumber-inspirasi-global-roaSJqkk9T.jpg Fashion muslim Indonesia sumber inspirasi global (Foto: Dok. Okezone)

DENGAN berkembangnya industri fashion Indonesia, para desainer kerap bekerja keras untuk bisa bersaing dengan produk luar. Bahkan, fashion muslim di Indonesia kini menjadi inspirasi bagi para desainer global.

Kekuatan industri mode tanah air memang tiap tahunnya semakin meningkat. Terutama dari segi fashion busana muslim Indonesia. Jika dibandingkan dengan mode busana lainnya, busana muslim merupakan satu-satunya yang memberikan inspirasi kepada para desainer luar negeri.

"Kalau ditanya apakah Indonesia sudah bisa membeli inspirasi fashion kepada desainer luar negeri atau di dunia, saya rasa itu baru busana muslim. Busana muslim Indonesia kini menjadi inspirasi global," kata Jati Hidayat di Fashion Link, Senayan City, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Disebut-sebut sebagai kiblat fashion muslim dunia, Indonesia memang layak mendapatkan predikat tersebut. Pasalnya, para desainer busana muslim lokal mampu mentranformasikan busana dengan nilai agama ini menjadi fashion.

"Indonesia memiliki umat muslim terbanyak di dunia. Namun masyarakat dunia sangat terkejut ketika melihat kekayaan kreatifitas busana muslim kita. Ini menunjukkan bahwa kita sangat terbuka dengan budaya lokal dan warna tapi tetap berpegangan pada busana yang syariah. Ini pintar-pintarnya desainer busana muslim dalam menciptakan busana," imbuh Jati.

Selain itu, busana muslim tidak hanya digemari oleh para pengguna busana muslim. Orang-orang yang tidak berhijab pun menyukai busana muslim rancangan desainer Indonesia. Sebut saja Jenahara.

"Seperti Jenahara sewaktu show di Jepang mendapat sambutan yang luar biasa di Tokyo Fashion Week. Walau dia menciptakan busana muslim, tapi banyak orang di sana yang tertarik karena Jenahara menggunakan indigo dalam pewarnaan pakaian. Di sana sangat suka warna Indigo,"simpul Jati.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini