Oscar Lawalata & Mada van Gaans Hadirkan Pesona Jawa

Evi Elfira, Jurnalis · Selasa 04 November 2014 22:21 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 04 194 1061114 oscar-lawalata-mada-van-gaans-hadirkan-pesona-jawa-EFyfgIhVCf.jpg Oscar Lawalata & Mada van Gaans hadirkan Pesona Jawa (Foto: Evi/Okezone)

BERTAJUK The ceremony of Java, Oscar Lawalata menghadirkan koleksi bernuansa Jawa dalam JFW kali ini. Melalui Erasmus Huis, desainer berbakat ini berkolaborasi dengan desainer asal Belanda, Mada van Gaans.

Oscar menjelaskan bahwa tema The Ceremony of Java ini dipilih berdasarkan kehidupan manusia yang penuh dengan upacara. Dari lahir hingga menutup hayat, manusia tidak bisa lepas dari upacara.

Kolaborasi Oscar dengan Mada merupakan suatu bentuk kolaborasi budaya. Kendati demikian, Mada menampilkan budaya Jawa dalam koleksi aksesoris yang dibuatnya dan dipamerkan dalam show ini.

"Kita menyebutnya sebagai bentuk dari kolaborasi karena saya dan Mada sama-sama mencintai budaya Indonesia dan memiliki background di fashion. Budaya Jawa sendiri kita ambil atau terinspirasi dari penari bedoyo. Dari kostumnya, geraknya keanggunananya tariannya. Bagaimana tarian tersebut menginspirasi untuk membuat koleksi ini," jelas Oscar Lawalata saat konferensi pers di JFW 2015, Senayan City, Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Sebanyak 48 koleksi busana Oscar ditampilkan lengkap dengan aksesori khas Jawa buatan Mada. Busana Oscar pun terdiri dari batik dengan warna-warna alam, batik dan kain dodotan.

"Saya tampilkan kembali prada emas untuk mengembalikan kekuatan dari royal family. Lalu beberapa busana memiliki motif-motif dari kain dodotan," imbuh Oscar.

Di sisi lain, Mada van Gaans mengaku mencintai budaya Jawa semenjak dia mengunjungi Jogjakarta. Di tahun 2011, wanita asal Amsterdam yang tertarik pada budaya Jawa ini langsung saya mempelajarinya. Mada pun jatuh cinta dengan para penari Bedoyo dari Jogjakarta.

"Bagi saya penari bedoyo itu benar-benar penari sejati. Mereka sangat cantik dan seperti datang bukan dari dunia ini. Dari gerakannya, make up-nya kostumnya serta aksesori membuat inspirasi bagi saya untuk membuat aksesoris. Koleksi saya ini refine tapi juga kuat. Ada sekira 60 koleksi aksesori yang karakternya dibuat lebih modern dibuat dari bahan tembaga, kuningan serta kulit," jelas Mada van Gaans.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini