nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Hobi Makan Sate Buntel

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 05 November 2014 00:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 11 04 298 1060742 jokowi-hobi-makan-sate-buntel-V9rE5lWi7F.jpg Sate buntel favorit Jokowi (Foto: Bramantyo)

TAK hanya menggemari mie godog saja, Presiden Republik Indonesia ternyata juga penggemar berat sate kambing.

Saat Okezone bertandang ke warung sate kambing favorit Jokowi yang terletak di Lojiwetan, Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, sate buntel Bu Bejo ini tengah ramai pembeli.

Meskipun letak warung sate buntel Bu Bejo sendiri ini letaknya agak tersembunyi, namun warung sate langganan pria yang akrab di sapa Jokowi ini tak pernah sepi dari pembeli.

"Sebentar ya, saya tak mengembalikan kembalian uang pembeli dulu," ungkap Rita salah satu putri, Bu Bejo saat ditemui okezone, di warung miliknya, di Lodjiwetan, Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, belum lama ini.

Menurut Rita, Jokowi bisa dikatakan pelanggan paling setia di warung sate miliknya. Saat masih menjadi pengusaha kayu, Jokowi selalu menyempatkan diri mampir untuk makan sate di tempatnya.

"Pak Jokowi sudah lama jadi pelanggan sate ini. Sewaktu sate ini masih di pinggir jalan, pak Jokowi yang waktu itu masih jadi pengusaha, sering mampir ke tempat kami,"papar Rita yang mengatakan kalau sate buntel Bu Bejo ini sudah 45 tahun berdiri.

Bila tak ada sate buntel, Jokowi pun mau memakan sate daging kambing biasa pun mau. Termasuk gulai, tengkleng, tongseng semua pernah dicoba oleh Jokowi.

"Tapi yang paling disukai pak Jokowi itu sate buntel. Sate buntel sendiri itu terbuat dari daging gambing dicacah halus terus dibumbui dan dibungkus pakai lemak kambing dan dibakar,"terangnya.

Satu porsi sate buntel berisi tiga biji. Harga seporsi sate buntel adalah Rp. 37.000. Sedangkan tongseng Rp. 37.000 dan tengkleng Rp. 25.000.

Terakhir Jokowi makan di warung sate miliknya ini beberapa waktu lalu sebelum di lantik. Waktu pulang ke Solo. Dengan ciri khasnya, Jokowi mengaku kalau dirinya kangen sama sate buntelnya.

"Datengnya rombongan banyak banget, pakai pengawal. Bahkan sebelum dateng di depan sudah banyak dijaga sama tentara dan polisi," jelasnya.

Lucunya, menurut pemilik warung, saat datang Jokowi memesan menu seperti biasanya yakni sate buntel. Setelah diracik dan dibakar,sate tersebut diperiksa terlebih dahulu.

Padahal saat itu sate buntel tersebut sudah siap di sajikan. Namun harus di periksa dulu sama pengawalnya (paspampres).

"Waktu mau makan, satenya diperiksa dulu sama pengawalnya. Lumayan lama juga. Tapi pak Jokowi tetep setia menunggu," jelasnya lagi.

Rita mengungkapkan setidaknya saat menjabat sebagai walikota Solo, Jokowi setiap seminggu satu kali pasti mampir ke warung sate ini. Alasannya selain rasanya enak, juga makannya di temani suara sitar yang mendayu.

Menurut pemilik warung, Jokowi memang sering sekali datang. Kadang juga berombongan dengan membawa tamunya. Kalau tidak datang ke warung langsung, biasanya pesan untuk acara di Lodji Gandrung (rumah dinas Wali Kota Solo).

"Pak Jokowi orangnya sabar. Dia mau mengantri dan mempersilahkan pembeli lainnya yang sudah memesan untuk dilayani. Kalau sama ibu negara (Iriana) kadang-kadang saja kesini. Tapi lebih banyak sendiri,"paparnya.

Sebenarnya,ungkap Rita, melayani pejabat negara sekelas Presiden bukan pertama kali.

Sebelumnya, saat mantan Presiden Soeharto berkuasa, hampir setiap tahun saat acara kemerdekaan di istana selalu di panggil ke Jakarta untuk memasak menu istimewa miliknya.

"Bahkan para artis juga politikus nasional termasuk pelanggan sate buntel ditempatnya,"pungkasnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini