Mada van Gaans, Desainer Belanda Pembuat Aksesori Jawa

Evi Elfira, Jurnalis · Rabu 05 November 2014 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 05 194 1061273 mada-van-gaans-desainer-belanda-pembuat-aksesori-jawa-tdUi66HwQp.jpg Mada van Gaans, desainer Belanda pembuat aksesori Jawa (Foto: Evi/Okezone)

KEBUDAYAAN Indonesia mampu memberi daya tarik sendiri. Tak terkecuali dengan desainer asal Belanda, Mada van Gaans.

Bagi Mada, budaya Indonesia khususnya Jawa selalu menarik. Bahkan setelah mengunjungi Indonesia sembilan tahun lalu, Mada langsung terinspirasi membuat sebuah karya. Salah satunya adalah aksesori khas Jawa.

Untuk membuat aksesori tersebut, Mada terisnpirasi dari berbagai hal. Mulai dari wayang kulit, wayang golek serta penari bedoyo. Hal itu kemudian diterjemahkan dalam bentuk belt, anting, hiasan rambut berupa bandana dalam siluet wayang serta jepit atau ikat.

Kepada Okezone, Mada bercerita bahwa butuh waktu setahun untuk mempelajari teknik pembuatan aksosori Jawa ini. Dia pun langsung belajar pada para pengrajin di Jogjakarta.

"Ini sangat refine dan pembuatan aksesorinya memiliki banyak teknik. Satu tahun tidak cukup untuk mempelajarinya dan saya membutuhkan waktu lebih serta ingin mempelajarinya lebih dalam lagi. Dari segi material dan yang lainnya," terangnya di Senayan City, Jakarta, 4 November 2014.

Untuk membuat aksesori tersebut, banyak tantangan yang dihadapi oleh Mada. Termasuk soal komunikasi ke pengrajin. Kendati demikian, Mada berhasil melewati tantangan tersebut, hingga akhirnya sukses menciptakan sebuah karya yang indah.

"Hard part-nya adalah komunikasi, saya harus belajar bahasanya lebih baik. Karena ketika Anda bekerja dengan orang di negara lain, Anda perlu mengenal satu sama lain terlebih dahulu, dan itu terbentuk dari komunikasi," jelasnya.

Mada pun memamerkan sekira 60 koleksi aksesori Jawa miliknya yang terbuat dari kulit dan kuningan ini bersamaan dengan show dari Oscar Lawalata. Keduanya sama-sama mengangkat tema Jawa dalam show tersebut. Pada kesempatan tersebut merupakan pertama kalinya Mada memamerkan koleksi aksesori khas budaya Indonesia tersebut.

"Saya adalah fashion designer. Budaya Jawa yang saya terjemahkan hanya dalam bentuk aksesori. Sebelumnya saya fokus pada womens wear, dan ini adalah kali pertama saya meluncurkan aksesori kepada publik," imbuh Mada van Gaans.

Selebihnya, karya perdana desainer Belanda ini akan dibawanya ke Amsterdam, Belanda. Di sana dia akan mengenalkan aksesoris Jawa ini sekaligus menjualnya kepada orang-orang di Belanda.

"Saya akan membawa ini ke negara saya dan membuat koleksi yang lebih besar lagi. Saya juga akan mengenalkan serta menjualnya kepada orang-orang di sana. Karena perhiasan ini sangat refine. Saya suka fashion yang digabungkan dengan seni. Jadi ini bisa digunakan untuk acara dengan evening wear," tutup Mada van Gaans.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini