Jangan Tergiur Bedah Plastik di Luar Negeri

Renny Sundayani, Jurnalis · Rabu 05 November 2014 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 05 481 1061275 jangan-tergiur-bedah-plastik-di-luar-negeri-RKdrIuL1tK.jpg

OPERASI plastik di Korea sudah sangatlah umum. Bahkan banyak orang Indonesia yang melakukan operasi plastik di Negeri Ginseng itu demi memiliki wajah yang sempurna. Tentu saja mereka ingin meniru artis-artis cantik Korea yang dianggap memiliki kecantikan alami setelah menjalani operasi plastik.

Menurut dr Irena Sakura Rini, MARS, SpBP-RE, Sekretaris Jenderal Perapi Pusat, tak semua orang Indonesia berhasil melakukan operasi wajah di Korea. Bahkan beberapa pasien mengeluhkan bentuk yang diinginkan tak sesuai dengan yang diharapkan.

"Akhirnya mereka balik lagi ke Jakarta untuk melakukan rekonstruksi. Kita jadi cuma imbasnya saja. Minta dibuatkan hidung kayak bintang film Korea, tapi gagal minta dibongkar. Duitnya habis buat bongkar sana-sini, ungkap Irena di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, kejadian itu sangat miris terkait kekurangpercayaan masyarakat Indonesia kepada tenaga medis di dalam negeri.

"Kalau mau operasi be smart. Jangan tergiur ongkos dan biaya murah. Percaya deh kualitas dokter bedah Indonesia, tidak semua anggapan dokter bedah di luar negeri kualitas semua bagus," tambahnya.

Irena juga merasa sedih dengan jumlah dokter bedah plastik masih minim di Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia lari ke luar negeri.

"Saat ini dokter bedah plastik di Indonesia hanya 144 orang. Itu belum cukup untuk membantu masyarakat Indonesia yang mencapai 250 juta orang. Kita enggak hanya melakukan operasi bedah plastik lho, tugas kita banyak seperti rekonstruksi luka bakar yang cukup parah," pungkasnya. (yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini