Susan Bachtiar Ajari Anak Tiga Bahasa

Evi Elfira, Jurnalis · Sabtu 08 November 2014 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 07 196 1062511 susan-bachtiar-ajari-anak-tiga-bahasa-vm4MYUt4Sl.jpg Susan Bachtiar ajari tiga bahasa pada anak (Foto: Evi/Okezone)

BANYAK orangtua yang kini pendidikan bahasa ke anak, itu penting. Hal inilah yang juga disadari Susan Bachtiar.

Di momen menjelang usia dua tahun, Susan bercerita bahwa anaknya sedang dalam stage aktif dan mulai belajar berbicara. Sejak usia dini ini, Susan pun mengajarkan tiga bahasa kepada sang anak.

"Anak saya mendekati usia dua tahun, sedang dalam stage lagi aktif-aktifnya. Lagi belajar ngomong karena kebetulan bahasanya juga tiga," kata Susan Bachtiar kepada Okezone di Senayan City, Jakarta, baru-baru ini.

Memiliki suami berdarah Belanda, artis sekaligus guru ini mengajarkan anaknya dalam bahasa belanda. Tidak hanya itu, Susan juga mengajarkan bahasa Indonesia serta bahasa Inggris.

"Saya ajari anak bahasa Inggris, Belanda sama Indonesia. Kalau Inggris sama saya, Belanda sama Ayahnya dan Indonesia sama keluarga," imbuhnya.

Menurut Susan, dalam mengajarkan tiga memerlukan konsistensi. Setiap orang dalam keluarganya harus berbicara kepada sang anak dalam bahasa yang telah ditentukan sebelumnya.

"Kunci mengajari tiga bahasa itu intinya adalah harus konsisten. Konsisten dengan saya kalau ngomong sama anak harus dengan bahasa Inggris, tidak boleh pakai bahasa lain. Begitupun juga dengan ayahnya," jelas Susan.

Namun diakui duta jantung sehat Indonesia ini, mengajarkan tiga bahasa kepada sang anak memanglah tidak mudah. Terkadang dia berbicara dalam bahasa Indonesia kepada anak.

"Kesulitannya pastinya ada, namanya kita orang Indonesia bagaimanapun kadang bahasa Indonesianya keluar. Cuma kami tetap harus konsisten agar anak nanti kalau ngomong tidak dalam satu kalimat dengan tiga bahasa, supaya tidak terjadi banyak bahasa," tutup Susan.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini