Susan Bachtiar Tegas Didik Anak

Evi Elfira, Jurnalis · Sabtu 08 November 2014 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 07 196 1062514 susan-bachtiar-tegas-didik-anak-BkzRp0GsLi.jpg Susan Bachtiar tipe orang tua tegas (Foto: Evi/Okezone)

DALAM mendidik anak, setiap orang tua memiliki tipe masing-masing, termasuk Susan Bachtiar. Artis yang juga berprofesi sebagai guru ini mengaku bahwa dirinya adalah tipe orang tua yang tegas.

Setiap orang tua umumnya seringkali memanjakan anak, namun berbeda dengan Susan Bachtiar. Ketika ditanya Okezone bagaimana dirinya dalam mendidik anak, Susan mengaku bahwa dirinya adalah orang tua yang strict.

"Saya tipe yang tegas, karena kan saya guru dan saya juga dari kecil memiliki budaya yang disiplin," kata Susan Bachtiar kepada Okezone di Kawasan Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

Misalnya saja ketika menghadapi anak, Susan terbilang cuek dan tidak selalu memanjakannya. Misalnya saja, di usia menjelang dua tahun, anak laki-laki Susan yang sedang mengalami masa tantrum dihadapinya dengan cara disiplin.

"Anak saya sering tantrum sekarang ini. Tapi kalau sudah begitu saya diamkan saja. Nangis di kamar saya biarkan, guling-gulingan saya biarkan saja saya tinggal jalan. Cuma setelah itu saya akan kasih tahu, memberi penjelasan dan mendampinginya," jelas Susan.

Dengan cara menangani anak seperti itu, Susan kerap kali dikritik oleh sang suami. Namun dirinya mengaku melakukan hal tersebut demi mengajarkan disipllin kepada sang anak.

"Pernah dikritik suami katanya tegaan. Saya memang disiplin dan mengajarkan bahwa disiplin itu nomor satu. Itupun harus dididik dari kecil karena kalau diajarinya saat sudah besar itu akan lewat. Jadi sekarang ini lebih ke building karakter agar dia nantinya tidak egois, belajar berbagi dan mendengarkan," terangnya.

Kebanyakan orang tua menganggap bahwa mereka tidak boleh mengatakan 'tidak' kepada anak. Namun menurut Susan, ada hal-hal tertentu yang perlu dilarang atau mengatakan 'tidak' kepada anak.

"Kan banyak orang tua yang bilang tidak boleh bilang tidak. Tapi ada kalanya kita harus bilang tidak. Saya juga tidak mau stirict juga, intinya harus tahu posisinya bagaimana," tutup Susan Bachtiar.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini