Share

JFW 2015 Berkesan untuk Deden Siswanto

Evi Elfira, Okezone · Rabu 12 November 2014 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 12 194 1064674 jfw-2015-berkesan-untuk-deden-siswanto-5z0lSmT0pE.jpg Penyelenggaraan JFW 2015 berkesan bagi Deden Siswanto (Foto: Dok.Okezone)

ACARA Jakarta Fashion Week (JFW) 2015 telah berakhir. Kendati demikian, penyelenggaraannya tetap memberi kesan sendiri bagi penikmat fashion, termasuk Deden Siswanto.

Sebagai seorang desainer, Deden Siswanto memang tidak pernah ketinggalan mengikuti pekan peragaan busana. Apalagi, tahun ini Deden juga memamerkan koleksinya yang ditampilkan secara khusus dalam JFW.

“Sekarang mungkin lebih baik. Biar bagaimana setiap penyelenggaraan JFW selalu ada kemajuan ya. Sekarang lebih teratur, lebih banyak desainer yang bermunculan juga. Banyak hal yang bisa dilihat dan juga penyelenggaraannya lebih baik, desainer-desainer baru yang bermunculan bisa diperhitungkan karyanya nanti,” jelas Deden Siswanto kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.

Selain perhelatan yang semakin baik, desainer yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia (APPMI) ini mengaku bahwa banyak desainer berbakat yang bermunculan. Kendati demikian, mereka masih harus belajar mengeksplorasi karyanya.

“Namanya juga penampilan seperti ini kan masih ada yang harus belajar, dan ada juga yang sudah establish, sudah bagus, ya itu tetap beragam seperti itu,” imbuhnya.

Di tengah banyaknya desainer baru yang bermunculan, banyak juga yang menganggap bahwa jika seseorang sudah bisa menggambar serta membuat baju, mereka mengklaim diri sebagai desainer. Namun tidak sepenuhnya hal itu benar. Desainer berdarah Sunda ini pun menjelaskan bagaimana perjalanan karir desainer sebenarnya.

“Mungkin lebih kepada fase. Para desainer harus melewati fase seperti pendidikan, pengalaman, bagaimana di industri ini juga, katakanlah jam terbang. Semua desainer harus melalui itu semua, itu perlu dan butuh waktu dalam pengertian setiap karya pencapaiaannya ada kemajuan ada kemunduran, itu yang dinilai dan yang dilihat,” terangnya.

Sebagai orang desainer, kesuksesan dan ketenaran menurut Deden tidak dapat diraih dengan waktu yang singkat. Untuk itu dia menyarankan kepada para desainer baru untuk terus belajar dan lebih mengeksplorasi karya-karyanya.

“Balik lagi ke desainer tersebut, segala sesuatunya tidak bisa instan, butuh proses, melewati fase dan sebagainya. Jadi pada akhirnya mereka harus banyak belajar, melihat, dan bisa mendengar bahwa sejauh mana karya bisa dinikmati dan dinilai bahwa karya tersebut layak dan mendapatkan pencapaian ataupun visi yang telah ditentukan dan tercapai oleh desainer tersebut,” tutup Deden Siswanto.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini