nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Menyimpan Stroberi Agar Tetap Segar

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 14 November 2014 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 11 14 298 1065452 kiat-menyimpan-stroberi-agar-tetap-segar-bF2Kt28NHz.jpg

BUAH stroberi disukai banyak orang. Warnanya yang merah menyala dan rasanya yang asam manis, menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, belum banyak orang tahu bahwa buah ini membutuhkan perlakuan khusus saat disimpan. Salah satu caranya dengan dibekukan dalam freezer. Berikut ini, cara menyimpan stroberi yang tepat, dilansir Wikihow, Kamis (13/11/2014).

Simpan dalam freezer

Pada dasarnya, stroberi akan tetap segar dalam suhu dingin. Idealnya dalam suhu 0 sampai -2 derajat celcius. Untuk mencegahnya agar tidak cepat mengkerut, letakkan dalam tempat khusus yang agak terbuka.

Potong daunnya

Stroberi punya daun yang menempel di atasnya. Sebelum disimpan dalam freezer, potong lebih dulu pucuk daunnya.

Potong buahnya

Memotong buah sebelum dibekukan sebenarnya pilihan. Jika sudah dipotong, buah beku akan lebih mudah dan langsung bisa diolah.

Tambahkan gula atau sirup

Jika saat dibekukan, stroberi diberi campuran gula atau sirup, rasanya akan lebih nikmat. Namun, ini hanya bisa digunakan sebagai es atau jus saja.

Wadah

Simpan stroberi ketika ingin dibekukan dengan wadah tebal terbuat dari plastik atau kaca. Bisa juga dengan bungkus plastik yang ada perekatnya. Beri ruang sekitar 1 cm sampai 2c m pada pinggirnya. Ini akan memberikan ruang untuk berekspansi ketika membeku.

Diamkan bila ingin digunakan

Diamkan beberapa jam sebelum digunakan. Jika ingin lebih cepat, rendam stroberi dalam air dingin. Jika dipaksa untuk dipanaskan, tekturnya akan menjadi terlalu lembek. (yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini