Desember, Megan Young Lepas Mahkota Miss World

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Selasa 18 November 2014 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 18 194 1067174 desember-megan-young-lepas-mahkota-miss-world-zcKcF9eJgi.jpg Megan Young bersama CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo & Liliana (Foto: Okezone)

AJANG Miss World 2014 akan dihelat pada Desember. Saat itulah Megan Young, Miss World 2013, akan melepas mahkota dan memberikan kepada penggantinya.

Seperti kebanyakan anak-anak lain, Megan tidak pernah terpikir untuk berkompetisi di sebuah ajang kecantikan. Namun seiring bertambahnya usia, menjadi Miss World adalah impiannya.

Pada 2009, Megan sempat ditawari mendaftar sebuah kontes kecantikan. Tetapi, dia hanya merespons ketika ada kompetisi untuk meraih mahkota Miss World.

Dia tidak hanya ingin melakukannya sebagai sebuah bisnis, tapi juga ingin membantu untuk mengubah dunia. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Organisasi Miss World.


Megan Young di acara Dahsyat RCTI (Foto: Okezone)

Keputusannya mengikuti ajang Miss Filipina menempatkan keluarganya untuk kehilangan tulang punggung. "Saya tahu itu risiko besar, tapi benar-benar tidak punya pilihan, selain menggapai impian," ucap Megan, sebagaimana dikutip dari laman resmi Miss World.

Setelah menang sebagai Miss Filipina, Megan sadar jika mahkota Miss World bukan hanya mimpi. Tapi, hal itu bisa dia wujudkan. Hingga akhirnya, 28 September 2013, Megan pun dinobatkan sebagai Miss World. Dia juga menjadi perempuan pertama Filipina yang meraih gelar tersebut.


Megan Young, Miss World 2013 (Foto: Okezone)

Bagi Megan, gelar tersebut telah mengubah hidupnya. Saat itu dunia mulai melihat tugas barunya. Tidak hanya sebagai entertainer, tapi juga humanitarian yang akan membuat dunia lebih baik.

Tugas pertamanya sebagai Miss World 2013 adalah melakukan perjalanan ke Haiti. Bersama CEO Miss World, Julia Morley, Megan menyebarkan misi sosial Beauty with a Purpose.

Kunjungan ke Haiti juga sempat membawa musibah bagi Megan. Saat itu, dia dan beberapa rombongan yang termasuk anak-anak jatuh karena bangunannya roboh.

Meski perjalanannya harus diakhiri lebih cepat, tidak menjadi kendala untuk menyebarkan kebaikan. Megan sadar bahwa kegiatan sosial adalah bahasa yang melampaui batas-batas internasional.

"Mereka sangat senang dengan bantuan yang diberikan, meski tidak banyak. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi," terangnya.


Megan Young saat kunjungan ke Indonesia (Foto: Okezone)

Ketika dalam proses pemulihan, Megan melihat sebuah tayangan televisi berita. Dia mendengar kabar soal bencana Topan Haiyan di Filipina. Hatinya sedih ketika itu, apalagi banyak keluarga yang tertimpa musibah tersebut.

"Itu adalah momen yang menyedihkan. Ini membuat saya untuk cepat pulih, lalu pulang ke rumah dan bisa membantu mereka. Kita mengumpulkan uang secepat dan sebisa mungkin," cerita gadis 24 tahun itu.

Lebih lanjut, ada banyak momen indah yang dialami Megan selama menjadi Miss World. Dia juga berkesempatan melakukan perjalanan ke seluruh tempat menarik di dunia. Termasuk, bisa pergi ke Paris yang menjadi lokasi favoritnya. Bahkan di sana, Megan sempat belajar budaya lokal dalam waktu kurang dari 24 jam.

"Saya tidak pernah terbayang akan pergi ke semua negara dan melihat budayanya," tutur Megan yang meraih mahkota saat gelaran Miss World 2013 di Bali.


Megan & Founder Miss Indonesia Liliana Tanoesoedibjo (Foto: Okezone)

Sekadar diketahui, final Miss World 2014 akan dihelat di London, Inggris, pada 14 Desember. Ajang internasional ini diikuti ratusan perempuan cantik dari berbagai penjuru dunia, dan sang pemenang akan menggantikan tugas Megan Young.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini